IBX5828C990AE55E 5 Hal Yang Menarik Tentang Gadis Dayak - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Senin, 03 November 2014
    Advertisement

    Kalimantan adalah sebuah pulau terbesar yang ada di Indonesia, dan sering di sebut sebagai pulau Borneo. Jika membahas tentang kalimantan , maka tidak bisa lepas tentang sebuah suku asli pulau kalimantan terutama adalah pesona yang di miliki oleh gadis dayak yang menetap dan meninggali pulau kalimantan. Walaupun banyak mitos-mitos yang berkembang di masyarakat yang notabene banyak kelirunya , namun tidak dapat di pungkiri bahwa gadis dayak memiliki pesonanya tersendiri. 

    penulisopini.blogspot.com

    Bagaimana dengan gambar di atas ? apakah anda menemukan pesonanya ? Ya, mungkin anda akan berpikir dia adalah seorang tionghoa, namun sejatinya adalah dia merupakan gadis dayak. Sebelumnya saya pernah menyinggung mengenai gadis dayak memiliki kemiripan dengan etnis tionghoa.

    Jika anda yang telah menetap lama di kalimantan maka anda akan setuju dengan apa yang menjadi pendapat saya, berikut merupakan 5 Hal yang Menarik tentang Gadis Dayak di kalimantan :

    1. Gadis Dayak Putih dan Cantik

    Bagaimana tampak gadis di atas , cantik bukan ? itu adalah kakak saya namanya Emilia, seorang dayak ma'anyan, Kalimantan Tengah. Kebanyakan dari orang dayak memiliki kulit putih dan cantik , kalaupun tidak putih hanya sebagian dari kebanyakan gadis dayak ( biasanya kuning langsat). Selain itu juga khusus buat dayak kalimantan timur, rata-rata gadis dayak di kaltim ( karena saya tinggal di kaltim) mirip sekali dengan etnis tionghoa , putih dan cantik . Jika anda tidak percaya silahkan datang saja ke kalimantan untuk memastikannya. Karena mereka memiliki kecantikan yang alami, bukan hasil dari make-up.

    2. Sopan Dan Lembut
    Gadis dayak mudah tersinggung ? ya, benar tapi tidak sepenuhnya benar karena tersinggung itu relatif. Namun faktanya adalah gadis dayak dididik dengan budi pekerti dan kesopanan terhadap keluarga dan orang lain. Walau banyak yang mengatakan ( mitos) bahwa gadis dayak itu angker , tapi jika anda tidak membuktikannya secara langsung maka anda tidak akan pernah mengetahui gadis dayak it angker atau tidak. Namun yang pasti gadis dayak itu mempunyai tutur kata yang sopan , lembut dan toleransi.

    3. The Eagle Eye
    Gadis dayak si Mata Elang . Mengapa ? Pada umumnya gadis dayak memiliki mata elang, maksudnya adalah gadis dayak memiliki mata yang lebar dan tajam serta bening. Namun tidak semuanya memiliki mata elang, khususnya di kalimantan timur, gadis dayak kebanyakan memiliki mata yang sipit. Bayangkan ketika tatapan mata yang khas berpadukan dengan wajah yang lembut nan cantik serta memiliki kulit yang putih, maka akan menjadikan gadis dayak tampil dengan kecantikan alami.

    4. Banyak yang Jatuh Cinta
    Bukan sebuah hal umum lagi, jika wanita dayak sangat di sukai banyak kaum lelaki. Kecantikan alami gadis dayak lah yang menyebabkan gadis dayak sangat populer di kalimantan , karena tanpa make-up pun , banyak gadis dayak sudah terlahir cantik. Jadi jika anda pendatang , maka bersiaplah untuk jatuh cinta dengan gadis dari suku dayak.

    5. Pendamping Gadis Dayak
    Nah, untuk fakta yang kelima ini cukup menarik bagi banyak para lelaki. Siapa (etnis) yang sering menjadi pendamping wanita dayak ? Siapa yang tidak ingin memiliki pendamping seorang gadis dayak yang cantik tersebut. Dari sekian banyak etnis di Indonesia, ada beberapa yang kerap sekali menjadi jodoh wanita dayak diantaranya yang 4 teratas adalah dayak, manado, jawa dan tionghoa namun biasanya juga dengan suku batak, toraja, banjar dan kutai walau jarang terjadi. dan sebagian kecil dengan etnis lain. Apakah etnis anda berada di 4 etnis teratas yang sering menjadi pendamping gadis dayak ?

    Itulah 5 Hal yang Menarik tentang Gadis Dayak, 5 hal / fakta tersebut di susun berdasarkan pengamatan langsung oleh penulis dan juga karena penulis merupakan suku dayak asli.

    Baca Dulu : Belanja di Elevenia Gratis Voucher 1 Juta

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (78)
    Komentar
    1. Hmmmmmm..... aku juga gadis dayak

      BalasHapus
      Balasan
      1. Cantik alami tanpa make up luar biasa.kalau suku sasak ada gk yg berjodoh dgn orang dayak.soal nya aku dr suku sasak

        Hapus
    2. Saya dari suku JAWA yang sedang merantau di Kutai Barat, Kalimantan Timur.
      Awal saya datang kesini sedikit bingung ketika lihat gadis DAYAK.
      Saya pikir mereka keturunan TIONGHOA karena mereka putih bersih.
      Sampai saya sering bercanda dengan teman2 saya kalau gadis Dayak minum kopi kita bisa melihat kopi itu mengalir di tenggorakan mereka.. =D (Just Kidding)
      Seperti yang agan katakan gadis Dayak ramah2 dan mudah diajak bergaul..
      Saya pernah dengar nasehat dari teman saya yang sudah lebih lama merantau disini kalau menerima makanan dari gadis Dayak (terutama yang belum menikah) harus hati2, karena biasanya diberi "MANTRA" yang bisa membuat kita jatuh cinta dengannya (seperti ilmu pelet).
      Kemudian jangan membuat janji untuk menikahi gadis Dayak sembarangan. Karena jika janji itu TIDAK ditepati maka bisa menjadi bencana.
      Misalnya dari membuat kita lajang selamanya, tidak ada lagi wanita yang mau dengan kita, sampai membuat Mr.P HILANG.
      Entah itu hanya MITOS belaka atau bener2 ada..

      BalasHapus
      Balasan
      1. aman kok, asalkan kita berdoa dulu seblum memakan sesuatu... tapi kemungkinan it selalu ada, maka prcaya sama Tuhan n smua akan baik2 saja :)

        kaloo Mr.P hilang, itu tergantung kita memandangnya gmna gan, kaloo dari sudut pandang gadis dayak pada umumnya, maka it cuma mitos, tapi bukan berarti itu tidak bisa terjadi, oleh krena itu harus jaga sikap dan tindakan yaa ^_^

        coba baca ini gan :)
        http://yoechua.blogspot.com/2014/10/6-mitos-salah-suku-dayak.html

        #SalamIndonesia

        Hapus
      2. kalo bening seperti ini sih ga usah dimantra2in juga udah langsung nyangkut pada pandangan pertama gan hahaha...

        Hapus
      3. Sy pernah di desa long lees dihulu muara ancalong kab. Kukar, sy bergaul dgn org dayak kenyah, kesan sy mereka semua baik2 sama sy dan ibadah agamanya jg taat n bagus

        Hapus
    3. Hebat yah,bagaimna dg pria sumatra,apakah bisa berjodoh dg gadis Dayak.

      BalasHapus
      Balasan
      1. bisa gan, tpi jarang...
        kk sepupu saya dayak manado dapatnya suami dari batak :)

        Hapus
      2. Sy suku toraja, adik laki2 sy kawin dgn perempuan dayak kalteng, skarang mereka tinggal di palangkaraya

        Hapus
    4. ternyata memang cantik, aku uda lama mendengarnya, meskipun aku pernah tinggal di Kalimantan tapi tak pernah bertemu gadis dayak karena di Kalsel yang banyak malah orang Jawa

      BalasHapus
    5. di samarinda rata2 kayak etnis tiongha,,,
      so beautiful

      BalasHapus
    6. Saya juga dayak betawi, kalau kesan pertama orang-orang melihat saya pasti dibilang orang arab tapi kesan selanjutnya pasti dibilang orang tionghoa ;-)

      BalasHapus
    7. Gadis dayak emang cantik2 bro. Saya dari kalsel mengakui.^^

      BalasHapus
    8. Gadis Dayak mirip Gadis Nias, Apakah ada hubungannya?

      BalasHapus
    9. salam kenal dari saya Sarawak Dayak blogger .. kunjungi ke situs blog ya... www.pengerindu.com

      BalasHapus
    10. salut buat gadis dayak, bolehlah ane jalan2 ke sana. salam dari bugis

      BalasHapus
    11. setuju.tmenq banyak yg dayak..cantik222

      BalasHapus
    12. Maaf nih gan klo boleh tau orang dayak menganut agama apa y?

      BalasHapus
      Balasan
      1. suku dayak modern menganut agama yang berbeda2 : Kristen Protestan, Katolik, Islam, Hindu Kaharingan, Budha ( sebagian kecil) dan konghochu ( biasanya di kalbar)

        tapi yang paling dominan kristen protestan dan katolik

        Hapus
    13. boleh donk gan dikenalin ma gadis dayak???.
      hehehe.......

      BalasHapus
    14. bener bro kalo cewe DAYAK tuh cantik banget apalagi kalo lihat langsung behh shpp cantiknya, gua suku jawa tapi lahir di kalimantan tengah sempat tinggal di samarinda 1 tahun dan saya mengakuin kalo cewe dayak ituh cantik banget salam kenal buat semuanya

      BalasHapus
    15. cantik natural , sabar dan senyum khas indonesia :)

      BalasHapus
    16. Dasarnya sama ja dgn gadis dari daerah lain, saya juga orang dayak

      BalasHapus
    17. Dosen saya pernah bilang "kamu keturunan cina ya?"
      "bukan pa, saya dayak asli" jawabku lantas tertawa hehee

      Salam, aku dayak dari Barito Utara

      BalasHapus
      Balasan
      1. terima kasih sharenya

        salam, aku dayak dari barito timur :)

        Hapus
    18. betul sekali apa yang ditulis diblog ini karena istri saya juga orang dayak asli kenya - kaltim lahir dan tinggal dibalikpapan

      BalasHapus
    19. Hemmhh.. saya punya impian yang tidak pernah kesampaian yakni punya istri orang Dayak. Saya lahir dan besar di Sumatera, tetapi dalam darah saya mengalir darah Banjar asli Kalimantan.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Tetangga sy ada 4 org, cowo semua dn macam" profesinya dr kuli bangunan sampai dokter specialis semua rantau ke sn dn menjadi suami gadis" dayak.. beneran pas dibawa plg, wowwww.. cantik, bening dn tentu postur tubuh na bagus banget.. sayang klu sampai ada gadis dayak yg suka cowo tp ditolak... nm na si cowo gk beruntung.. hehehee.. sy pengen nantinya ada keturunan sy menikah dg gafis dayak.. :)

        Hapus
    20. moga kesampaian bang impiannya

      BalasHapus
    21. Haha, betul betul adik sama kakak cewek ane selalu di kirain keturunan tionghoa padahal dayak maanyan tulen...

      BalasHapus
    22. Waahhh Sunda gak masuk 4 besar ya.. hehehe

      BalasHapus
    23. Waktu sma dulu pernah di suruh keluar kelas sama guru agama islam,, krn dikira non muslim,,, tp menurut saya semua wanita itu cantik2,,, apalagi klo hatiny cantiiik,,,, wuiiiih

      BalasHapus
    24. ya benar, tapi cantik sebenarnya relatif... keep up good writing. Gb

      BalasHapus
    25. Salam SAMA ITAH.. saya Dayak Ngaju Kalimantan Tengah.. Setuju sekali dgn bacaan kalo janji ingin menikahi gadis dayak tapi batal bisa kena kutukan gitu kata Tambi (nenek dlam bhasa indonesia) saya makanya hati2 ya hehe.. saya bruntung bisa punya calon istri yg satu suku Dayak dgn Saya jadi saran saya buat etnis lain dekati dulu ortu nya bru bisa nikahi gadis dayak nya hehe

      BalasHapus
    26. tulis juga dong gimana naklukin hati gadis dayak. dari dulu saya emang tertarik gan sama dayak. mereka memiliki local genius yang sangat unik. hehe.

      BalasHapus
    27. Kalau tak salah di daerah Singkawang itu mayoritas orang Chiness kan, bahkan ada pembuatan keramik yang nyaris mirip dengan keramik dari negeri China, apa bener ?

      BalasHapus
    28. Terimakasih telah menulis hal hal baik tentang gadis dayak :-)

      BalasHapus
    29. Hhmmmm.... saya setuju dg artikel diatas... ambil positifnya saja. Klo hal negatif dan mitos tentang suku dayak, sy kira di tempat/suku lain juga ada, ibarat kata "semut pun kan marah jika disakiti". Smntr kebanyakan yg sy temui adalah banyak baiknya. Tdk hy wanita tp juga semua golongannya.

      BalasHapus
    30. Salamat Hamalem, umba mahalau hanjulu (dlm bhasa Indonesia selamat malam, numpang lwat sebntar) gan...saya dayak ngaju kalimantan tengah, Kotim...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Eko kok namanya kaya Jawa ya...? he...he...salam kenal.

        Hapus
    31. Orang Sunda masuk kategori gk yach? hehe nanya

      BalasHapus
    32. Hay, salam kenal. Saya Dayak Bakumpai. ^_^

      BalasHapus
    33. kalo saya udah nyampur : sunda dan dayak

      BalasHapus
    34. Aku Org Dayak Ma'anyan salam knal ,,,

      puang gere wkwkwkwk

      BalasHapus
    35. ya saya setuju sekali dengan apa yang mbak utarakan diatas. mungkin sedikit saran saja kalau gadis dayak seperti mbak rambutnya diikat atau panjang dan lurus, maka aura kecantikannya tambah kuat dan makin mempesona lho... saya yakin pasti banyak laki-laki atau pria sepeti saya yang berada diluar sana makin jatuh cinta dan berlomba-lomba untuk menjadi pendamping hidupnya.. Ahay...... ^_^

      Sekian dan Terima Kasih. Salam kenal dari saya di Samarinda

      BalasHapus
    36. saya gadis minang
      nggak nyambung yaaa.,
      :v

      BalasHapus
    37. Mirip sama orang nias ya :D
      anyway thanks for the article.. ^_^

      BalasHapus
    38. saya dayak ngaju dan sudah sold out...haha

      BalasHapus
    39. aku mw lah ma gadis dayak .
      aku jawa sumut . pa mw ea gadis dayak ma ku .
      seneng bnget bisa mendapat kn nya ^ _ ^

      BalasHapus
    40. saya dayak maanyan, mana ini postingan rahasia mengenai lelaki dayak :D

      BalasHapus
    41. Lucu juga liat komentar2nya.. salam hangat yah dr gadis dayak kenyah lepu tau (bulungan, kaltara) ��

      BalasHapus
      Balasan
      1. Salam kenal juga buat wanita dayak auranya mempesona..
        Salam

        Hapus
    42. wawww...bening bingitzzz... kalo dikasih makanan ama yang bening2 seperti ini sih langsung dimakan aja. ga perlu dimantra2in juga udah langsung nyangkut pada pandangan pertama hahaha.. :D

      BalasHapus
    43. Salam kenal,saya gadis dayak tanah siang,puruk cahu kalimantan tengah...senang liat respon positifnya tmn2 semua...usul aja ya gan tambahin donk artikl untk Ritual adat/acara2 adat dayak..thanks..I Love Dayak so much

      BalasHapus
    44. Kebanyakan Teman Saya Yg Di Jakarta Ini Mengatakan Suku Dayak,Angker.
      Tapi Banyak Orang-Orang Dari Pulau Jawa Dan Pulau Lain Pada Seneng Tinggal Di kalimantan,,
      Org Dayak Suku Yang Sangat Bersahabat Serta Para Gadisnya Juga Serba Angun..
      Salam Kenal Saya Dayak Bhakati,Kalimantan Barat

      BalasHapus
    45. Ass.. rame komentarnya. Saya dari samarinda. Salam kenal yah..

      BalasHapus
    46. Emang gan cewek dayak itu bening bening .saya dari jawa timur aja pernah di loa buah kecamatan loa janan samarinda pernah punya temen gadis dayak .cuakep gan.sopan enak kalau di ajak ngobrol.tapi sayang sekarang hanya tinggal kenangan.soalnya di situ saya hanya 6 bulan saja kàrena saya pindah tugas di gresik jatim

      BalasHapus
    47. Salam kenal gan dn sahabat smua x sy dr Banjarmasi .gadis dayak emang hmmm"""mm

      BalasHapus
    48. kamu tinggal dimana sekarang bisa berbagi informasi tentang dayak alamt email mu apa

      BalasHapus
    49. Saya dulu tnggl di kongbeng, kaltim, dayak disana sopan n ramah
      Lalu di sangkulirang n sandaran jg sama baiknya

      BalasHapus
    50. langkar banar sanak ai.salam kenal dari budak melayu riau di tanah dayak

      BalasHapus
    51. Kalau gadis Dayak dengan lelaki Sunda apakah mungkin ? Muehehe
      Saya Sunda tulen :D

      BalasHapus
    52. Cantik itu relatif gan.. ada jg suku jawa ceweknya yang cantik n putih n ada jg yg kurg cntik n kurg putih...di sku dayak jg cweknya ada yg cntik n putih ada jg yg kurg cntik n kurg putih...aku aslinya dari jawa tp lama sudah di kalteng...tp sering plng ke jawa jg jd tau lah perbedaanny..
      Ada istriku org jawa tp aku ajak ke kalteng sini wkt hbs nikah...kl org gk tau dikiranya istriku ne org banjar...soalny dia cntik n putih jg...pdhl dy asli jawa...jd skali lg cntik itu relatif ya gan...thankss...

      BalasHapus

    53. Emang suku dayak cantik cantik kaya tiong hua ..saya setuju mereka ramah* saya baru di kasongan baru ada tiga bulan

      Saya dari suku baduy (sunda)

      No rasis

      BalasHapus
    54. Fakta yang menarik bro, Selama ini saya berfikir blog Penulisopini.blogspot.com tidak bermanfaat sehingga akhir-akhir ini saya malas mengurusnya. Melihat Anda berbagi Perasaan senang timbul ternyata beberapa pendapat saya pribadi dan banyak pendapat dari berbagai referensi ada gunanya bagi orang banyak.. Salam.

      BalasHapus
      Balasan
      1. terima kaasih :)

        tetap lanjutkan penulisopini.blogspot.com nya, blog anda sangat bermanfaat kok :)

        salam ^^

        Hapus
    55. Blogspotnya menarik gan.... lanjutkan

      BalasHapus
    56. Saya adalah seorang Mahasiswa yang sedang meneliti Suku Dayak. Rasanya ingin sekali melakukan ekspidisi langsung ke Borneo dan berbaur dengan masyarakat Kalimantan. Jika berbicara mengenai Perempuan Dayak hanya satu kata untuk mereka yaitu "Alami".

      Saya melihat jika perempuan Dayak memang memiliki aura tersendiri yang masih natural. Saya ingin sekali bertemu dengan perempuan Dayak. Mungkin setelah selesai kuliah, Ekspidisi Borneo akan saya lakukan.

      BalasHapus
      Balasan
      1. semoga bisa ekpidisi ke kalimantan :)

        Hapus
    57. ane juga penasaran sama cewek dayak,,
      jangan negatif thinking dulu bro,,maksudnya pengen punya teman orang sana,,secara ane khan g pernah ke kalimantan..lebih banyak aktif di irian barat

      BalasHapus

    Berkomentarlah dengan Santun dan Beretika sebagai Bangsa yang Beradad yaa ^_^

    Jangan Lewatkan