IBX5828C990AE55E 5 Hal Yang di Takuti Dunia Tentang Suku Dayak - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Sabtu, 06 Desember 2014
    Advertisement

    Suku dayak memang salah satu suku di Indonesia yang sangat dikenal di dunia. Namun tidak hanya di Indonesia saja tercipta mitos-mitos tentang suku dayak yang belum tentu kebenarannya, namun juga mitos-mitos lainnya bisa saja juga terjadi di luar Indonesia, khusunya negara-negara non asia. Ya, tentu saja ada kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dayak dan Indonesia karena salah satu suku indonesia dapat dikenal oleh dunia dan tentunya hal itu berdampak positif bagi Indonesia terlebih mengenai tanah borneo. 

    Dayak Tribe (c) sickchirpse.com
    Walau suku dayak lebih terkenal karena tariannya yang sering sekali tampil di pentas internasional, namun ada hal yang menarik mengenai suku dayak di mata dunia selain budaya suku dayak. Berdasarkan berbagai sumber, penulis ternyata menemukan ada 5 hal yang menakutkan mengenai suku dayak yang sedikit menggertakan gigi ketika mereka mendengar tentang suku dayak. Apa saja 5 hal tersebut ? berikut ulasannya : 

    #1. The Ghost Warrior
    Suku dayak mempunyai The Ghost Warrior, atau dalam bahasa Indonesia dapat di artikan prajurit hantu dan seperti itu lah yang mereka ketahui tentang suku dayak. Apa benar suku dayak mempunyai prajurit hantu ? mungkin anda telah mengetahuinya siapa sebenarnya prajurit hantu ini. Ya, The Ghost Warrior is pangkalima burung atau penglima burung. Perawakan panglima burung yang masih misterius bagi masyrakat Indonesia menjadikan pangkalima burung bak prajurit hantu yang siap menyerang siapa saja yang melecehkan suku dayak untuk melindungi tanah borneo.

    #2. Humans With Full Tattoo
    Nah, untuk yang kedua ini sepertinya tidak menyeramkan. Di mata dunia, tato pada suku dayak yang ada hampir menyelimuti tubuh suku dayak adalah sebuah karya seni. Sepertinya perlu di koreksi bahwa tidak semua masyarakat suku dayak mentatto seluruh tubuhnya bahkan penulis saja yang juga merupakan orang dayak tidak memiliki tatto. Tapi jika dikaitkan dengan judul tulisan ini, maka bisa saja menjadi menyeramkan jika semua suku dayak mentatto seluruh tubuhnya dan anda hidup di lungkungan dengan manusia yang semuanya penuh tatto.

    #3. The Deadly Sword
    Pedang mematikan ? awalnya penulis kebinggungan tentang hal menakutkan ini, karena suku dayak tidak memiliki pedang. Ternyata yang mereka maksud pedang mematikan ini adalah Mandau / Parang. Lucu, karena pedang dan mandau adalah hal yang berbeda. tapi penulis dapat menangkap maksud yang sebenarnya dari sumber tersebut. Pedang mematikan ini adalah pedang magis yang dapat membunuh siapapun tanpa rasa kasihan. (baca : Mandau Terbang, Mitos atau Nyata ? )

    #4. Poisonous Chopsticks
    Selain mandau terbang, hal menakutkan suku dayak di mata dunia adalah sumpit beracun. Entah apakah sumpit beracun masih ada atau tidak untuk saat ini, namun sumpit beracun suku dayak telah menjadi sejarah tersendiri bagi masyarakat dayak pasa masa penjajahan di masa lalu ( baca : Inilah Mengapa Para Penjajah Takut dengan Orang Dayak Pada Masa Penjajahan )

    #5. Dangerous Magic
    Untuk yang ke lima benar-benar menakutkan bagi mereka. Suku dayak memiliki kekuatan magis yang sangat berbahaya yang menjadikan suku dayak sebagai salah satu dari 5 suku paling di takuti di dunia karena sihirnya. Sedikit berlebihan sih, tapi untuk pengingat saja bahwa tidak semua suku dayak memiliki kekuatan-kekuatan magis seperti yang ditakutkan oleh seluruh dunia termasuk Indonesia. Hanya segelintir orang dari suku dayak saja yang memiliki kekuatan seperti itu.

    Itulah 5 Hal Menakutkan Suku Dayak di Mata Dunia. Ada yang benar , ada yang salah kutip dan ada yang berlebihan, tapi secara umum mengambarkan sedikit mengenai suku dayak, walau sebenarnya masih banyak tentang suku dayak yang masih belum di ketahui oleh orang-orang Indonesia, telebih lagi orang luar Indonesia. Jika kamu orang dayak, absen dulu di kolom komentar di bawah ini :)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (14)
    Komentar
    1. Suku dayak,suku yg sangat bertoleransi terhadap siapapun dan sangat menjaga etika dalam bersosialisasi.saya setuju dengan kalimat"Dimana bumi dipijak disanalah langit dijunjung" salam hangat... peace bro. :)

      BalasHapus
    2. Semua benar adanya, bahkan bukan hanya ada di dusun pedalaman yg mempunyai kekuatan magic seperti itu, sebagian orang yg tinggal di kota pun ada juga yg memilikinya. ^_^

      BalasHapus
    3. Itu benar sekali.....bangga saya sbg suku dayak!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ah masaa sih Ika org dayak wkwkwkwk

        Hapus
    4. saya suku Dayak Ngaju, memang perubahan kita alami tetapi kearifan tetap kita jaga.

      BalasHapus
    5. Ga ada asap kalau ga ada api, ga akan di ganggu kalau ga di ganggu.

      Salam Malinau

      BalasHapus
    6. Sebuah tulisan yang cukup menarik ! Sebagai warga negara saya bangga Indonesia memiliki suku Dayak. Salam hangat penuh persaudaraan, dari ujung timur pulau jawa !

      BalasHapus
    7. Suku-suku yang banyak di Kalimantan / Borneo itu disatukan oleh istilah "Dayak" oleh penjajah Belanda.

      BalasHapus
    8. Bangga sebagai orang dayak. Saya Dayak Iban
      Salam persaudaraan.

      BalasHapus
    9. Wah..ini desa pampang gan...udah udah pernah kesitu kite...

      BalasHapus
    10. Ela eh...
      Salam persaudaraan dari Dayak Maanyan Buntok ^_^

      BalasHapus
    11. Kami dari dayak ngaju di sukamara

      BalasHapus

    Berkomentarlah dengan Santun dan Beretika sebagai Bangsa yang Beradad yaa ^_^

    Jangan Lewatkan