IBX5828C990AE55E 5 Hal Tentang Suku Jawa yang Paling Dikenal Dunia - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Senin, 08 Desember 2014
    Advertisement

    Suku Jawa adalah suku terbesar yang ada di Indonesia. Tidak heran ketika anda berpergian ke seluruh daerah di Indonesia, pasti anda akan menemukan yang namanya suku jawa. Di kalimantan sendiri, sangat banyak sekali orang jawa, sehingga akan sangat mudah menemukan orang jawa tanpa kesulitan , walaupun kita semua tahu bahwa kalimantan adalah tempat dimana suku dayak berada. Tapi hubungan yang terjalin antara suku dayak dan suku jawa sangat harmonis lho.

    foto (c) chic-id.com
    Suku jawa memang tersebar luas dan sangat merata di Indonesa, jadi sudah bukan hal umum lagi ketika kita mendapati mereka di daerah manapun di Indonesia. Berbicara tentang penyebaran suku jawa, ternyata suku jawa selain terkenal di Indonesia, suku jawa juga sangat terkenal di dunia, setidaknya ada 5 hal yang tentang suku jawa yang paling di kenal dunia. Apa saja kelima hal tersebut ? berikut ulasannya :

    #1. Salah Suku Paling Ramah di Dunia
    Apakah anda orang jawa ? wah, pasti bangga donk ketika mengetahui suku jawa merupakan salah satu suku paling ramah di dunia. Memang penulis sendiri merasakan betapa ramahnya suku jawa itu. Sifat asli suku jawa yang suka merendah dan tidak suka menyombongkan  segala sesuatu dan lebih cenderung mengungulkan orang lain daripada diri sendiri. Walaupun hanya segelintir orang jawa saja yang masuk dalam kategori amburadul, tapi secara umum orang jawa adalah orang yang sangat ramah. Ya tentu saja hal ini menjadi dasar yang cukup kuat menjadikan suku jawa sebagai salah satu suku paling ramah di dunia.

    #2. Bahasa Pemrograman Java berasal dari Jawa
    Jika anda adalah mahasiswa teknologi maka anda akan menemukan yang namanya bahasa pemrograman java. Bahasa Java adalah cikal bakal pengembangan aplikasi Android. Nah, yang tidak banyak orang tahu bahwa nama dari bahasa pemrograman Java ini sebenarnya berasal dari minuman kopi yang asalnya dari jawa dan dibuat oleh orang jawa yaitu kopi jawa. Untuk mengingat momen tersebut maka terciptalah sebuah brand bahasa pemrograman java berlambangkan secangkir kopi dan menamakannya Java , atau dalam bahasa indonesia berarti jawa.

    #3. Bahasa Jawa ada di Google Translate
    Dari semua bahasa dari setiap suku di Indonesia, hanya bahasa jawa saja yang ada di daftar Google Transate. Tak pelak, karena ini, bahasa jawa akhirnya bisa di terjemahkan ke dalam banyak bahasa bersanding dengan bahasa Indonesia dalam aplikasi yang di buat google tersebut. Dengan terobosan ini maka budaya bahasa jawa semakin dikenal luas oleh dunia.

    #4. Bahasa Jawa Salah Satu Bahasa yang Banyak di Pakai di Dunia
    Berdasarkan penutur aslinya, Nationalencyklopedin menyusun berbagai bahasa yang sering digunakan di dunia, ternyata bahasa jawa adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa jawa berada di posisi 12 dengan digunakan oleh 1,25 % populasi Dunia mengalahkan bahasa negaranya sendiri yaitu bahasa indonesia yang hanya digunakan oleh 1,16 % populasi dunia.

    #.5 Kalender Jawa
    Yang terakhir adalah kalender jawa, kalender jawa sangat di kenal di dunia, karena kalender jawa adalah satu dari beberapa kalender yang ada di dunia ini. Yang istimewa dari kalender jawa adalah adanya perbaduan yang baik antara budaya islam, budaya hindu-budha dan jawa. Hingga kini kalender jawa masih digunakan oleh banyak orang jawa beriringan dengan kalender georgian.

    Itulah 5 Hal Tentang Suku Jawa yang Paling Dikenal Dunia. Ternyata suku jawa juga sangat dikenal oleh dunia. Sebenarnya masih ada banyak lagi tentang suku jawa yang di kenal oleh dunia seperti reog, wayang kulit dan lainnya yang belum terungkap. Jika anda anda orang jawa dan bangga sebagai orang jawa, absen dulu pada komentar di bawah ini .

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (16)
    Komentar
    1. Saya bangga menjadi suku jawa dan orang indonesia

      BalasHapus
    2. Bersyukur bisa dikenal. Gak dikenal ya gak apa-apa,,, wªªKªªKªª =D wªªKªªKªª =))

      BalasHapus
    3. Bhinneka Tunggal Ika Tanhana Dharma Mangrwa
      Aku sakit kamu menangis.
      Aku tertawa kamu bahagia.

      Senasib sepenanggungan
      Tenggang rasa
      Tepa sLira

      BalasHapus
    4. memang membanggakan, saya saat ini berada di Lebanon. orang lebanon setiap bertanya "Indonesiamu mana? java ya? dan mereka sangat senang dan menerima kehadiran kita orang Indonesia tentunya.

      BalasHapus
    5. Saya juga berada dimalaysia,mendengar kita orang suku jaw,tetangga kita yang india,yang china,yang melayu,malah sering main ketempat kita,kalo ada acara apa2 pasti kita diundang,yang penting gak bertentangan dengan ajaran agama kita yaitu islam,mereka juga respek menirukan bahasa kita,pake bahasa jawa campur china ,an melayu campur jawa,red.pengalaman pribadi

      BalasHapus
    6. peradaban suatu bangsa dikenal lewat tulisan, tidak semua bangsa mempunyai tulisan/huruf sendiri, bahasa jawa mempunyai tulisan aksara jawa. aksara yg berjejer mulai dari Ha sampai Ngo ada maknanya, dibanding huruf latin dari A sampai Z tidak membentuk cerita.

      BalasHapus
    7. Saya "Orang Jawa" itu yang selalu saya bilang.. Dengan mengidentikkan saya sebagai orang yang berasal dari Jawa Tengah.
      Suatu Hari saya berdialog dengan tukang pompa air yang berasal asli dari Jakarta (ada di pulau jawa)..
      Saat saya bilang "Saya orang Jawa", beliau marah karena saya tidak spesifik "yang bener dong pak, saya juga orang jawa, ini kan pulau Jawa.. Jadi saya orang jawa juga kan??"
      Iya juga sih.. Kenapa kami yang orang jawa tengah mengambil semua hak atas nama "jawa" sebagai jati diri ya?
      Tapi di luar negeri juga yang namanya orang jawa yang Rajin, irit, tidak sombong, loyal, itu ya orang Jawa Tengah..dan anyway dibalik kelemat-kelemet orang jawa tengah disitu juga ada.. Dominasi, oportunis, presistance, dll yang mampu (dalam setiap medan) membuat kami menjadi dominan dan akhirnya ada segelintir pihak yang merasa disingkirkan/terasing..
      Liat deh presiden RI, berapa banyak yang orang Jowo 😁😁
      Anyway penulis baiknya membuat determinasi mengenai "Jawa" yang dimaksud.. Supaya nggak terkesan menimbulkan fanatisme terhadap sebuah suku dan kalau ada suku lain yang membacanya (terutama orang yang merasa tersingkirkan karena dominasi orang Jawa) menjadi tersulut amarahnya dan menimbulkan konflik.
      Demikian dan terima kasih.

      BalasHapus
    8. Suku jawa uga nduweni bahasa jawa sing maneko warno, kaya dene bahasa jawa jogja solo, bahasa jawa surabaya, bahasa jawa banyumasan, bahasa jawa banyumasan uga dealek beda2 antara sing gunung sing lan nang kota. ( Suku jawa juga mempunyai bermacam bahasa seperti bhasa jawa jogja solo, surabaya, bahasa jawa banyumasan, bahasa jawa banyumasan juga ada beberapa dealek antara yg di gunung/kampung dan di kota)

      BalasHapus
    9. JAWANESIA,inilah salah satu contoh bahwa indonesia tdk merata

      BalasHapus
      Balasan
      1. setuju Gan ! bukan bermaksud adu domba,ya, tapi memang pembangunan Indonesia masih Jawa Centris, lupa sama Indonesia bagian lain, terutama bagian timur. Bahan introspeksi untuk pemerintah sekarang dan generasi berikutnya, agar pemerataan lebih diutamakan.
        Btw, kulo tiyang Jowo Tengah asli ingkang nyambut damel wonten ing Jakarta.
        Suwun

        Hapus
    10. Bahkan ada yg mengatakan bahwa nenek moyang orang israel itu dari jawa. Coba lihat nama JAVA TELUK AVIV.itu ada kata jawanya. Dan kalau anda masuk ke situs pemerintahan israel itu ada logo rumah joglo yg notabene bangunan itu hanya ada di jawa.

      BalasHapus
    11. Maaf sob saya mau tanya JAVA TELUK AVIV di mana ya? Setau saya yang di Israel itu namanya JAFFA-TEL AVIV, JAFFA di tulis dengan double f bukan v dan jaffa yang dalam bahasa arab artinya yafo tidak ada hubungannya dengan jawa seperti yang anda tulis. Dan di situs pemerintahan israel seperti yang anda maksud tidak saya menemukan satupun logo atau gambar yang menyerupai atau berhubungan dengan rumah joglo dari jawa.

      BalasHapus
      Balasan
      1. maaf , saya tidak ada menulis tentang JAVA TELUK AVIV :)
        mungkin yang anda maksud itu komentarnya maulana zakariyah, bukan tulisan saya... ^^

        Hapus
    12. Tapi orang Jawa kok suka memusuhi orang jawa juga ya...? ada simbol lho.. yaitu Blangkon. Di depan terlihat sangat ramah/pandai berbasa-basi. Tapi selenco sedikit jangan marah kalo akan tersingkir alias terdepak dari lingkungan jawa. Para pemimpin kita juga banyak yg jawa...tapi suka bermusuhan secara halus. Ada pesan dari ronggowasito ... Jaman edan kalo gak ikit edan gak kebagian. Tapi bagi yang beruntung yaitu yang Ingat dan Waspada. Salam Blangkon. Ingat dan Waspada..

      BalasHapus
    13. Sakbejobejane wong kang lali
      Isih luweh bejo wong kang eling lan waspodo
      Salam perdamaian saking kutho BLITAR, kuto cilik sing kawentar,

      BalasHapus

    Berkomentarlah dengan Santun dan Beretika sebagai Bangsa yang Beradad yaa ^_^

    Jangan Lewatkan