IBX5828C990AE55E Suku Dayak Itu Asli Indonesia Atau Malaysia ? - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Sabtu, 07 Februari 2015
    Advertisement

    Berbicara tentang suku dayak di pulau borneo, mungkin seakan-akan tidak akan pernah habis-habis, begitu banyak cerita, mitos dan budaya yang dapat di angkat dari suku dayak. Salah satu yang berkembang di masyarakat yang tidak terlalu memahami suku dayak , terkadang banyak yang akan mempertanyakan apakah Suku Dayak itu adalah suku asli dari Indonesia ? atau mungkin juga Malaysia?

    Memang sedikit menjadi polemik tersendiri ketika membahas Indonesia dan Malaysia, terlebih ketika ada 1 suku yang ada dan tinggal di dua negara yang tidak terlalu akur ini. Pasti terdapat berbagai argumen-argumen yang menyatakan siapakah sebenarnya pemilik asli suku dayak ini ? apakah Indonesia ? ataukah malaysia. Mungkin ini juga lah yang menjadikan Grace, salah satu liker Yoechua Blog mempertanyakan mengenai hal ini.

    Penari Dayak @ The Jakarta Post
    Seperti yang kita ketahui bersama bahwa suku dayak adalah suku yang terbesar yang berada di pulau kalimantan. Suku dayak adalah suku yang hidup berkelompok yang dapat anda jumpai di pedalaman, daerah gunung, dan sebagainya ( namun di era modern, suku dayak telah menjamur di perkotaan). Sebenarnya dahulu kata dayak itu diberikan oleh sebagian besar orang-orang Melayu yang merantau  ke Kalimantan dan sebenarnya orang dayak pada saat itu keberatan memakai nama dayak. Mengapa? karena terdengar seperti agak negatif pada kala itu , padahal, semboyan orang dayak adalah “Menteng Ueh Mamut”, yang memiliki arti seseorang dengan kekuatan gagah berani, serta tidak kenal menyerah atau pantang mundur.

    Sebenarnya suku dayak bukan asli Indonesia ataupun asli malaysia, jika melihat sejarah masuknya suku dayak mula-mula, maka sebenarnya suku dayak adalah asli Yunan, sebuah daerah di Cina Selatan. Maka dari itu ketika anda ke Pulau Borneo , entah di Indonesia atau Malaysia, maka anda akan menjumpai suku dayak asli yang terlihat seperti orang-orang tionghoa.

    Melihat keaslian suku dayak masa kini, maka sangat naif ketika kelak salah satu negara mengklaim bahwa suku dayak asli dari mereka. Terlebih bagi Indonesia sendiri, suku dayak begitu erat kaitannya dengan kaltim, kalbar, kalsel dan kalteng, sehingga ketika mendengar dayak, maka yang akan terlintas dalam benak kita orang Indonesia pasti akan mengarah ke 4 provinsi tersebut. Padahal sejatinya di malaysia pun ( borneo) juga banyak suku dayak terlebih di serawak. Suku dayak kini bukan asli dari negara manapun, suku dayak adalah suku asli pulau Borneo baik itu adalah Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Jadi akan sangat lumrah ketika anda menjumpai kesamaan adat dan budaya antara Dayak yan ada di Indonesia dengan Dayak yang ada di Malaysia.

    Itulah yang sebenarnya tentang suku dayak , suku dayak adalah asli kalimantan. Semoga sedikit penjelasan saya ini dapat di pahami dan menjadi sebuah pengetahuan baru .  Terima kasih grace untuk pertanyaannya.



    Anda bisa memberikan pertanyaan atau usul artikel pada fanspage kami di Yoechua Blog, maka kami akan mereview nya pada blog ini.

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (6)
    Komentar
    1. bagi pemikiran awam sederhana saja, cek jumlah penduduk, bila suatu kelompok sudah hidup/menetap ribuan tahun yang lalu, pasti populasinya banyak apalagi bila tidak ditemukan tradisi migrasi,,, bila keadaannya sebaliknya, maka bisa "ditebak" mereka awalnya migran. agar bisa lebih akurat lagi lakukan penelitian/riset lebih mendalam melalui pendekatan berbagai cabang disiplin Ilmu,,,

      BalasHapus
    2. nenek moyang kita juga bukan orang indonesia , berarti kita orang luar indonesia dong ... Masih perlu dipertanyakan

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dulu belum ada nama indonesia, yang ada hanya Nusantara, bahkan sewaktu penjajahan, masih bernama Hindia Belanda...

        sama halnya dengan suku dayak, jika meliha awal mulanya, maka memang berasal dari Yunan, namun nama dayak di bentuk ketika orang-orang dayak berada di pulau kalimantan...jadi kesimpulannya suku dayak itu adalah suku asli kalimantan

        Hapus
      2. bro mending ente lakukan penelitian jangan cuma ambil kesimpulan dari sejarah yang ditulis di internet bahwa suku dayak di malaysia itu cuma migrasi dari indonesia ke malaysia, tanya langsung ke orang borneo boy

        Hapus
      3. maaf , saya tidak ada menyebutkan bahwa suku dayak di malaysia migrasi dari Indonesia :)

        saya orang dayak :)

        Hapus
    3. jadi penasaran sama suku suku yang dikalimantan terutama sama gadis-gadisnya yang imut-imut perbanyak foto gadis dan pejakanya yang lagi berpakaian adat dan pakaian moderen kayaknya keren habis

      BalasHapus

    Berkomentarlah dengan Santun dan Beretika sebagai Bangsa yang Beradad yaa ^_^

    Jangan Lewatkan