IBX5828C990AE55E Suku Dayak Mendunia Karena Tradisi Tato - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Selasa, 12 Mei 2015
    Advertisement

    Yoechua.com - Indonesia merupakan negara kepulauan yang begitu unik di dunia, salah satu di antaranya adalah keberagaman suku dan budaya. Indonesia juga di kenal sebagai negara dengan keberadaan suku terbanyak di dunia, tentunya kita bangga dengan hal ini. Salah satu suku asal Indonesia yang cukup populer di dunia adalah suku dayak atau yang di kenal sebagai dayak borneo.

    Anda pasti sangat familiar dengan suku dayak, suku asli yang mendiami pulau kalimantan. Suku dayak adalah suku yang mendunia karena tradisi tatonya, tidak hanya sekedar tato yang menghiasi setiap tubuh namun tentu saja, tato tersebut tampak unik dan berbeda seperti kebanyakan yang sering kita jumpai dalam kehidupan kita. 
    tato dayak
    foto : detikkalbar.com
    Seperti dilansir dailymail.co.uk, adanya tradisi tato suku dayak di Indonesia menunjukan bahwa Indonesia memiliki sebuah kerajinan tinta yang begitu mengagumkan sebagai warisan tato kuno yang dapat membantu mempromosikan kebudayaan tersebut kepada masyarakat adat di dunia.

    Walaupun bagi masyrakat pada umumnya, tato merupakan sebuah tren yang menjadi sebuah simbol kebebasan setiap orang dalam mengungkapkan sebuah keindahan seni namun bagi masyrakat dayak , tidak semua orang dapat memiliki tato ( tato dayak) karena bagi masyrakat dayak tato merupakan sesuatu yang memiliki makna dan tidak hanya sekedar sebuah hiasan tubuh.

    Banyak motif tato dalam tradisi suku dayak karena dalam pembuatannya harus mengikuti struktur sosial orang yang akan dibuatkan tato. Namun walau meiliki bentuk dan gambar yang berbeda, secara realitasnya bahwa tato pada suku dayak memiliki makna yang sama.

    Tato dayak merupakan warisan tato dunia karena tato dayak merupakan salah satu tato tertua di dunia yang masih dilestarikan, yang bahkan diperkirakan melebihi umur tato mesir walaupun belum ada bukti yang otentik. Walaupun begitu, pada masyrakat dayak modern tradisi tato sudah mulai di tinggalkan dan kini hanya sebagian kecil masyrakat dayak yang mempertahankan kebudayaan tato ini.

    Semoga saja sebagai warisan tato kuno, banyak para generasi muda dapat mempertahankan kebudayaan tato suku dayak karena sangat di sayangkan di kemudian hari Indonesia akan kehilangan kebudayaan tato kuno di dunia.

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (1)
    Komentar

    Berkomentarlah dengan Santun dan Beretika sebagai Bangsa yang Beradad yaa ^_^

    Jangan Lewatkan