IBX5828C990AE55E Efek Dengarkan Musik Terlalu Lama, Jadikan Anda Pelupa? Inilah Penjelasannya - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Sabtu, 27 Juni 2015
    Advertisement

    Yoechua Blog - Ada yang pernah mengatakan bahwa tanpa musik hidup menjadi hampa? memang ada benarnya, karena pada kenyataannya dengan mendengarkan musik dapat membuat pendengarnya menjadi lebih rileks dalam belajar maupun berkonsentrasi terlebih musik-musik yang menenangkan pikiran. Tapi adakah efek yang di dapat ketika mendengarkan musik terlalu lama?

    Terdapat sebuah studi yang mengaatakan bahwa ketika umur telah semakin bertambah tua maka, mendengarkan musik dapat mengganggu ingatatan seseorang yaitu terganggunya ingatan orang tersebut terhadap nama seseorang.

    Studi tersebut di lakukan oleh seorang ahli dari Georgia Institute of Technology yang dapat menunjukan bahwa musik dapat menjadi permasalahan bagi orang yang telah tua dalam mengingat nama seseorang. Penelitian ini di lakukan oleh peneliti wanita dari bidang psikologi bernama Sarah Reaves. Dalam penelitian yang ia lakukan, Sarah melibatkan orang yang telah tua dengan anak muda untuk menilai apakh benar bahwa musik dapat mempengaruhi seseorang terlebih ingatan mereka.

    Penelitian yang di lakukan antara lain adalah mengamati kombinasi antara nama dan wajah oleh para peserta. Musik yang peserta dengarkan adalah musik tanpa lirik, musik intrumental dan musik dengan suara hujan. Dalam waktu beberapa menit para peserta diminta untuk mentukan nama dari foto-foto yang telah mereka lihat sebelumnya.

    Sang ahli menjelaskan bahwa musik dapat menggangu 2 kelompok tersebut dalam mengingat nama dan wajah. Hasilnya, anak muda tidak memiliki masalah berarti dalam menentukannya sedangkan untuk kamu yang sudah tua hanya bisa menjawab 10 % dengan benar.

    Fenemona yang terjadi dalam penelitian tersebut karena Associative Memory yaitu sebuah kemampuan dalam memunculkan ingatan yang di kumpulkan otak mengalami penurunan seiring bertambahnya umur.
    (yoechua.blogspot.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan