IBX5828C990AE55E Polisi Ini Di Buat Malu Oleh Pengendara Mobil Ini, Mengapa? - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Selasa, 16 Juni 2015
    Advertisement

    Yoechua Blog - Operasi tertib atau razia mungkin sering kita jumpai di jalan-jalan raya yang di lakukan oleh kepolisian lalu lintas untuk mencari pengendara yang melanggar lalu lintas ketika melintas lokasi tersebut. Tentu saja, setiap operasi yang dilakukan oleh kepolisian selalu memiliki surat peintah dari kantor kepolisian yang tidak serta merta di lakukan dengan sembarangan.

    Operasi ini sudah pasti memiliki tujuan yang jelas yaitu selain mencari pengendara yang melanggar aturan juga bertujuan untuk membongkar sebuah pencurian kendaraan yang marak sekali terjadi dengan tidak adanya surat tanda kepemilikan kendaraan. 
    (c) Youtube.com
    Tapi dibalik operasi itu terkadang terdapat beberapa oknum dari kepolisian yang nakal yang melakukan razia tanpa adanya surat perintah untuk melakukan razia , dan kebanyakan dari masyrakat pada umumnya tidak mengetahui bahwa razia tersebut di lakukan oleh polisi yang tak resmi melakukan razia.

    Sebagai informasi , prosedur tentang razia sebenarnya dapat anda jumapi di dalam PP No. 42 Tahun 1993 tentang Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan. Disebutkan dalam PP No. 42 Tahun 1993 tentang Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dalam  bahwa surat perintah tugas sebagaimana dimaksud jalan Pasal 13 sekurang-kurangnya memuat:

    a.     alasan dan jenis pemeriksaan;
    b.     waktu pemeriksaan;
    c.      tempat pemeriksaan;
    d.     penanggung jawab dalam pemeriksaan;
    e.     daftar petugas pemeriksa;
    f.      daftar pejabat penyidik yang ditugaskan selama dalam pemeriksaan.

    Kita sebagai masyarakat yang berkendara memiliki hak untuk menanyakan keabsahan surat operasi yang di lakukan oleh pihak kopilisian dan kita berhak menolak untuk di razia jika kepolisian tersebut tidak memiliki surat melakukan operasi tersebut. Ketika kepolisian dapat menunjukan surat operasi tersebut, kita wajib untuk merazia anda. Tapi pada kenyataannya memang banyak pengendara yang terima-terima saja ketika razia tanpa bertanya tentang keabsahan razia tersebut.

    Beredar sebuah video yang dimana seroang polisi tidak resmi melakukan razia kepada serorang pengendar mobil. Tentu saja pengendara ini tiak serta merta mengikuti apa yang di minta oleh polisi tersebut. Ia pun meminta surat perintah operasi kepada ploisi tersebut, dan polisi tersebut tidak bisa menunjukan surat operasi tersebut. Apa yang terjadi setelah it, anda dapat melihat video terseut di bawah ini :



    Berdasarkan video di atas kita di tuntut juga untuk cerdas ketika terjadi sebuah razia yaitu dengan meminta surat operasi agar kita tidak terjebak oleh oknum polisi yang nakal yang melakukan razia tidak resmi tersebut.

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan