IBX5828C990AE55E Apa Makna Sebenarnya dari Gambar yg Selalu Ada di TV Ini? - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Jumat, 28 Agustus 2015
    Advertisement

    Yoechua Blog - Pernah menonton siaran tv di Indonesia hingga larut malam?. Saat Salah satu statiun tv telah tidak ada program yang akan di siarkan lagi, maka anda akan selalu menemukan gambar warna-warni berbentuk kotak-kotak dan sering berbunyi "ngiiiiing". Anda pasti akan bertanya-tanya gambar apa sebenarnya ini?

    Orang awam yang tidak tidak mengerti gambar ini tentu akan di buat kebingungan, namun karena gambar ini selalu muncul sejak jaman dahulu sejak pertelevian Indonesia on Air, banyak orang mengabaikan gambar ini begitu saja. Uniknya tidak hanya di satu stasiun TV, gambar ini ada di semua statiun Tv di Indonesia. Yoechua Blog akan menjelaskan secara rinci apa makna sebenarnya dari gambar ini.

    Gambar di atas mdinamakan TestCard atau juga di sebut Standar Test yang terdiri dari berbagai warna berupa bar yang di maksudkan agar chanel tv yang ada dan juga tv kita agar tetap menampilkan warna dan juga kecerahan yan tepat. Sebenarnya 2 dua testcard yang cukup terkenal yang menandakan chanell tv sedang berhenti beroperasi yaitu SMPTE Color Bars dan PM5544.

    #1. SMPTE Color Bars

    SMPTE merupakan jenis testcard yang sering kita di jumpai di Tv Indonesia maupun mancanegara  yaitu memapilkan berbagai warna berupa strip-strip yang di barengi dengan suara montotone yang panjang tak berhenti dan juga keras, yaitu suara "ngiiiiiiing". Suara dan Trip ini di kenal dengan Nama Society Motion Picture and Television Engineers’s Engineering Guideline EG 1-1990 yang tidak lain berfungsi untuk mengkalibrasi televisi dan monitor. Tentu rangkaian strip itu tidak di buat sembarangan. Strip paling atas di maksudkan untuk menentukan white level yang tepat dari monitor anda. Susunannya sendiri di mulau dari warna yang cerah hingaa warna yang redup. Sedangkan strip yang ada di bawahnya berfungsi untuk menentukan balance warna dari monitor anda. 

    #2. PM5544

    Berbeda dengan SMPTE Color Bars , PM5544 merupakan testcard yang sering di gunakan untuk tv dengan format Phase Alternate Line atau biasanya di kenal sebagai PAL/ Video PAL. Jika SMPTE color bars pada mulanya memang di buat untuk video dengan format NTSC namun pada akhirnya di gunakan untuk format video PAL juga, sedangkan PM5544 hingga kini hanya digunakan dan dikhusukan untuk video dengan format PAL saja yaitu untuk wilayah Asia dan Eropa.

    Itulah makna sebenarnya dari gambar-gambar yang sering muncul ketika chanell tv sedang tidak beroperasi atau behenti tayang untuk sementara. Semoga informasi ini bermanfaat.

    (yoechua.blogspot.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan