IBX5828C990AE55E Dampak Berubahnya Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Kamis, 03 September 2015
    Advertisement

    Yoechua Blog - Blogger.com adalah layanan blog gratis yang paling populer di dunia. Pada tahun 2003 blogger di akusisi oleh google dan menjadi produk andalan google hingga saat ini. Tentu saja para pengguna dapat menggunakannya dengan menggunakan subdomain bernama blogspot.com.

    Blogger Indonesia tentu saja sudah familiar dengan subdomain berekstensi blogspot.com, namun pada 3 september 2015 tiba-tiba berubah menjadi blogspot.co.id. Apakah akan berdampak kepada blog-blog yang telah berkecimpung lama dengan subdomain blogspot.com ? Yoechua Blog akan mengulasnya pada tulisan saya ini.

    Berikut dampak-dampak sementara yang telah Yoechua Blog dengan adanya perubahan subdomain ekstensi blogspot.com menjadi blogspot.co.id.

    #1. Pengurangan Alexa Rank
    Yang paling di rasakan oleh blogger saat ini adalah dengan adanya subdomain baru untuk indonesia, maka alexa rank secara otomatis akan akan direset untuk semua blogger Indonesia yang masih menggunakan subdomain blogspot.com. Tentu saja ini merugikan blogger terlebih terelebih jika telah memiliki alexa rank yang cukup tinggi. Yoechua Blog juga mengalami reset massal yang awalnya memiliki rank sekitar 300ribu dunia , kini memiliki rank 4 jutaan dan menurut pantauan Yoechua blog, semua blogspot.co.id memulai lagi di alexa rank yang sama.

    #2. Pengurangan Domain Authority
    Blogspot.com yang merupakan eksternsi global awalnya memikili Domain Authority ( DA) yang sangat besar yaitu kini dengan beralihnya blogspot.com menjadi blogspot.co.id maka, blogger hanya mendapati DA sangat kecil yaitu 23. Hal ini akan berdampak kepada daya saing terhadap blog-blog yang telah menggunakan Top Level Domain

    #3. Pengurangan Page Authority
    Selain Pengurangan DA, blogspot.co.id juga akan mereset Page Authority (PA) menjadi 1, tentu saja dengan di resetnya PA juga semakin mengurangi daya saing di search engine dengan blog-blog yang sudah Top Level Domain. Mendapatkan PA 30 saja adalah hal yang sulit bagaimana jika harus mengulang lagi dari awal. Yoecua Blog ketika masih berekstensi blogspot.com memiliki PA yang cukup tinggi yaitu 33 kini harus mengulang lagi dari 1.

    #4. Hilangnya Domain Age
    Domain Age diperlukan untuk mengidentifikasi umur blog, namun untuk sementara ketika saya ingin mengecek domain age, ternyata yoechua.blogspot.co.id tidak dapat teridentifikasi namun ketika mencoba mengecek dengan ekstensi yoechua.blogspot.com dapat teridentifikasi yaitu mei 2013.

    #5. Hilangnya Jumlah Share di Media Social
    Tentu saja, media social hanya akan menghitung jumlah share di media berdasarkan ektensi yang lama, sedangkan ekstensi yang baru ini haru kembali memulai dari nol lagi. Aritkel yoechua blog yang berjudul Inilah Fakta Bagi Kalian yang Tidak Ganti Nomor HP Selama 5 tahun, terakhir saya lihat mencapai 11 ribu share ke facebook, namun jika anda lihat tidak ada share untuk artikel tersebut.

    Untuk saat ini trafik dari yoechua blog masih stabil seperti biasanya mungkin karena induk dari blogspot.co.id memanglah blogspot.com ke 5 hal yang di atas saya sebutkan tadi masih melekat pada penggunakan subdain lama yag masih aktif disearch engine, semoga saja tidak akan berdampak serius untuk kedepannya.
     (yoechua.blogspot.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (2)
    Komentar
    1. Gan, Punya Ente kok dot.co.id udah bisa tayang iklan adsensenya. apakah akun adsense anda full aprove, jika hosted kok iklannya tidak bisa tayang ya. mohon sarannya gan dan ilmunya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Yup, saya full approve...
        untuk saat ini memang akun hosted tidak support untuk blogspot.co.id, jadi harus non hosted...

        ada trik supaya, blog tidak redirect ke co.id jadi tetap .com lihat di sini :

        http://seojoss.com/cara-mencegah-blogspot-com-meredirect-ke-blogspot-co-id/

        nanti iklannya akan muncul karena kembali ke semula yaitu blogspot.com

        note : resiko di tanggung sendiri, saya tidak bertanggung jawab jika kelak terjadi sesuatu dengan akun adsense anda..

        tips : lebih baik upgrade saja akunnya menjadi non-hosted :)
        semoga membantu yaa...

        Hapus

    Berkomentarlah dengan Santun dan Beretika sebagai Bangsa yang Beradad yaa ^_^

    Jangan Lewatkan