IBX5828C990AE55E Inilah Tarian Suku Dayak Paling Misterius di Dunia - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Senin, 28 September 2015
    Advertisement

    Yoechua Blog - Begitu banyak tarian yang di Dunia baik itu modern ataupun traditional. Di Indonesia saja, ada banyak jenis tarian dengan ragam yang berbeda-beda , makna yang berbeda-beda dan tujuan yang berbeda-beda. Itulah yang menjadikan Indonesia menjadi negara yang kaya akan  budaya. Pada pembahasan kali ini, penulis akan menyingkap sebuah tradisi asal kalimantan, yaitu sebuah tarian suku dayak yang konon tarian ini merupakan tarian yang misterius dalam dunia kedokteran di indonesia bahkan di dunia.

    Suku dayak merupakan suku asli yang mendiami pulau di kalimantan, hampir di seluruh pelosok kalimantan anda akan bisa menemui suku dayak dengan mudah. Walaupun dapat ditemui dengan mudah, tetapi ada yang membedakan dari setiap suku-suku yang ada karena suku dayak terdiri dari puluhan bahkan ratusan sub suku, jadi tidak heran jika anda akan bisa mendapati suku dayak yang berbahasa berbeda-beda.

    Suku dayak pada tulisan ini adalah tentang suku dayak yang ada di kalimantan tengah , tepatnya sub suku dayak di barito timur, suku dayak maanyan, yang tidak lain dan tidak bukan adalah suku saya sendiri.

    Suku dayak maanyan memiliki sebuah tarian yang sangat manjur bagi pengobatan-pengobatan berbagai penyakit, oleh karena itu di katakan bahwa sebagai tarian yang misterius di dunia. Tarian ini bernama Balian atau Wadian atau Belian. Tidak hanya suku dayak maanyan, upacara pengobatan ini juga di lakukan beberapa sub suku seperti dayak dusun, dayak bawo , dayak benuaq dan lain-lain.

    Bagi orang yang awam, akan mengira bahwa Wadian merupakan tarian-tarian biasa yang sama halnya dengan tarian-tarian yang ada di setiap suku di Indonesia, namun ternyata tarian wadian merupakan sebuah upcara adat untuk pengobatan-pengobatan suku dayak seperti pengobatan terhadap orang yang sakit parah.

    Pada jaman dahulu pengobatan medis tidak se modern saat ini, oleh karena itu banyak orang dayak lebih memilih untuk memanfaatkan jasa wadian untuk mengobati orang-orang sakit. Tiap pengobatannya memiliki rentang waktu yag berbeda-beda karena lama atau tidaknya upacara pengobatan ini sangat bergantung dari seberapa parah penyakit yang sedang di derita bahkan bisa memakan waktu lebih dari 1 minggu.

    Upcara ini biasanya di lakukan oleh masyarakat dayak yang menganut Kaharingan. Bagaimana bisa sebuah tarian dan upacara pengobatan tersebut bisa mengobati berbagai penyakit? secara detailnya masih belum pasti apa dan bagaimana proses pengobatannya, namun yang pasti ini lah salah satu sisi mistik yang ada di suku dayak, sehingga tarian ini menjadi pengobatan yang begitu misterius di dunia.

    Seiring perkembangan jaman, seperti yang saya katakan tadi bahwa wadian ini juga telah di kembangkan menjadi sebuah kesenian daerah khas suku dayak dan dapat di nikmati sebagai kesenian tarian yang sangat menarik untuk di tonton.
    (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan