IBX5828C990AE55E Merdunya Saat Bule Ini Memainkan Alat Musik Khas Dayak - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Minggu, 06 September 2015
    Advertisement

    Yoechua Blog - Suku dayak merupakan salah suku di Indonesia yang berdiam dan bertempat tinggal di daerah kalimantan tentu saja tidak hanya di Indonesia saja, melainkan juga di Malaysia dan Brunei Darusalam. Namun, secara kuantitas memang tidak dapat di pungkiri bahwa suku dayak paling besar berkewarganegaan Indonesia.

    Selain Tato suku dayak yang begitu populer di dunia, salah satu kesenian yang juga populer di dunia adalah sape / sampe. Sebuah alat musik khas suku dayak yang berdawai sangat merdu yang begitu sejuk di dengar di telinga. Sape adalah alat musik yang paling indah menurut saya, jadi tidak jarang banyak orang luar negeri ( bule) juga mempelajari kesenian khas suku dayak ini.
    Emma via Youtube.com
    Salah satu seniman dayak yang paling terkenal adalah Jerry Kamit, pria asal Malysia ini merupakan artis yang memang berfokus kepada musik sape yang di arasemen secara modern bahkan juga di kolaborasi dengan musik jaman sekarang dan terdengar lebih moden namun tidak menghilangkan sisi suara khas sape yang indah dan merdu. Berikut adalah salah satu musik Sape arasemen Jerry Kamit yang berjudul Lan E :

    Seperti yang telah saya katakan di awal bahwa sape juga di nikmati oleh orang bule salah satunya Julien Cottet. Karena keindahan dawai sape lah yang membuat salah satu pria asal perancis ini mencoba untuk mempelajari memainkan alat musik khas dayak ini. Julien awalnya bertempat tinggal di Paris, namun kini dia tinggal di Kuching , Malaysia dan mendalami alat musik sape ini. Alhasil, ia kini telah pandai berdawai dengan alat musik tersebut bahkan ia tidak kalah dengan seniman-seniman musik sape yang notabene berasal dari suku asli dayak.

    Melihat orang bule memainkan alat musik dayak tentu saja membuat perasaan bangga tersendiri sebagai orang Indonesia dimana suku dayak merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia. Berikut adalah beberapa video Julien Cottet ketika bermain Sape.


    Titik kenai ujan with Ad Omera sape' @ LanE tuyang
    Posted by Julien Cottet on 4 September 2015


    Relax time with Odawa before the Rain.. Ad Omera Alena M Francis Kujen Dines Ngau Wan
    Posted by Julien Cottet on 4 September 2015

    Tidak hanya seorang pria seperti Julien Cottet saja yang menggunakan alat musik ini, namun wanita juga banyak yang mempelajari dan memainkan alat musik ini salah satunya adalah Emma Ruran Raja, seperti banyaknya pemain-pemain musik sape, Emma juga memiliki keahlian dalam memainkannya dengan indah dan merdu. Penasaran, berikut adalah videonya.



    Bagaimana merdu bukan, suara dawai alat musik khas dayak ini. Sebagai generasi dayak masa kini, jangan sampai kita meninggalkan budaya kita sendiri, sedangkan mereka ( bule) sangat antusias mempelejari budaya kita ini. Jika anda berminat mempelajari Sape, anda bisa mengunjungi pulau kalimantan. Salam Indonesia.
    (yoechua.blogspot.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan