IBX5828C990AE55E Tahukah Anda? 3 Hewan ini Ternyata Bukan Dinosaurus! - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Ervan Nuari - Rabu, 28 Oktober 2015
    Advertisement

    Yoechua Blog -Dinosaurus! Siapa yang tidak tertarik dengan makhluk prasejarah satu ini. Kita sering melihat dinosaurus di film-film ataupun dokumenter di televisi. Tapi banyak orang yang tidak tahu bahwa ada beberapa makhluk yang dikenal sebagai dinosaurus tetapi ternyata bukan.

    Para ilmuwan mempelajari dinosaurus dari satu-satunya hal yang tersisa dari mereka, yaitu tulang mereka. Ilmuwan melihat tulang-tulang ini lalu mengklasifikasikannya kedalam genus yang ada. Dan dalam hal dinosaurus, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Yaitu Tengkorak dan tulang kakinya. Dan inilah hewan yang sebenarnya bukan dinosaurus!

    #1. Dimetrodon

    Pada umumnya, Dimetrodon adalah gambaran yang tepat dari seekor Dinosaurus. Seekor kadal besar yang berbentuk aneh dan memiliki gigi tajam. Tapi pada faktanya, hewan ini ternyata lebih banyak memiliki kemiripan dengan mamalia daripada dinosaurus. Hal ini dilihat dari tengkorak Dimetrodon. Pada tengkorak Dinosaurus, ada 4 lubang yangada, termasuk lubang mata dan hidung. Hal ini dikenal dengan Diapsid. Sedangkan pada Dimetrodon hanya ada 3 lubang, atau dikenal sebagai Synapsid. Hal lain yang diperhatikan adalah, posisi kaki Dimetrodon yang berada disamping tubuhnya. Berbeda dengan dinosaurus yang posisi kakinya tepat berada dibawah tubuhnya.

    #2. Pterosaurus

    Kita tahu bahwa burung adalah keturunan dari dinosaurus. Lalu bagaimana dengan Pterosaurus? Mereka adalah dinosaurus terbang bukan? Jawabannya adalah tidak. Pterosaurus bukanlah dinosaurus. Walaupun mereka adalah reptil terbang, tapi Pterosaurus bukanlah dinosaurus. Faktanya mereka terpisah sejak cukup lama. Karena Pterosaurus tidak bisa berjalan layaknya seekor dinosaurus seharusnya. Tapi Pterosaurus hidup berdampingan dengan dinosaurus sebelum akhirnya punah. Pterosaurus terakhir yang hidup adalah jenis Quetzalcoatlus, seekor pterosaurus dengan tinggi kurang lebih sama dengan seekor jerapah, dan dapat terbang.

    #3. Reptil Laut

    Lalu bagaimana dengan reptil laut? Mereka berukuran besar dan bentuk tubuhnya menyerupai dinosaurus. Sayangnya, reptil laut bukanlah Dinosaurus. Reptil laut seperti Plesiosaurus, Mosasaurusdan Ichtyosaurus bukanlah dinosaurus seperti yang kira. Untuk sementara ini ilmuwan mengetahui bahwa faktanya dinosaurus hanya hidup didarat. Sehingga membuat plesiosaurus seperti Loch Ness monster bukanlah seekor Dinosaurus.

    Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda sudah menyadarinya sebelum ini?
    (yoechua.com) 

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan