IBX5828C990AE55E Tahukah Anda 4 Benda yang Anda Pakai Sehari-hari Ini Adalah Ciptaan NASA? - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Ervan Nuari - Kamis, 29 Oktober 2015
    Advertisement

    Yoechua Blog - Kita tahu NASA adalah suatu organisasi yang bergerak dibidang penelitian luar angkasa. Dan untuk dapat melakukan penelitian diluar angkasa, terkadang NASA harus menciptakan suatu teknologi untuk mempermudah penelitian tersebut.

    Tapi tahukah anda, bahwa ada sebagian dari penelitian tersebut yang akhirnya dapat dinikmati oleh masyarakat secara umum, dan mungkin juga digunakan oleh Anda? NASA sampai saat ini telah memiliki lebih dari 6.300 hak paten dari yang mereka ciptakan. Dan berkat suatu kebijakan, yaitu Spin-off Technologies, NASA membuat sebagian besar dari teknologi itu tersedia dipasar umum. Dan ini 4 teknologi NASA yang anda gunakan sehari-hari.

    #1. Bor tanpa kabel (Cordless Drill)

    Alat pertukangan yang hampir selalu digunakan ini disempurnakan oleh NASA. Pada awalnya, bor yang menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya sudah diciptakan oleh Black and Decker pada tahun 1961. Tapi pada akhirnya disempurnakan oleh NASA dalam misi Apollo ke bulan, karena dibutuhkan sebuah bor yang dapat mengambil sampel bebatuan di bulan. Karena tak mungkin berkeliling bulan sambil membawa kabel listrik untuk menggunakan bor.

    #2. Thermometer Inframerah (Aural Infrared Thermometer)


    Sebelum tahun 1991, hampir semua institusi kesehatan menggunakan Thermometer merkuri untuk menghitung panas tubuh pasiennya. Sebelum akhirnya menggunakan teknologi infra merah yang terdapat di NASA, yang sdigunakan untuk mengukur panas bintang yang berjarak jauh. Lagipula, termometer menggunakan merkuri? Bukannya merkuri itu beracun?




    #3. Lensa Kacamata

    Pada awalnya, lensa kacamata umumnya menggunakan kaca sebagai bahan lensanya. Lalu kaca diganti dengan bahan yang lebih tidak mudah pecah, yaitu plastik. Tapi keduanya memiliki kekurangan. Sampai akhirnya NASA, yang pada saat itu berusaha mencari suatu solusi untuk menciptakan kaca pelindung helm astronot, menemukan suatu kaca yang dibuat dari gabungan karbon dan silikon. Rupanya gabungan ini berhasil membuat sebuah lensa yang anti gores dan pada akhirnya digunakan secara umum.

    #4. Memory Foam

    Asing dengan istilah memory foam? Memory foam adalah lapisan pelindung seperti busa yang kita lihat dan rasakan sehari-hari. Contohnya seperti si matras, busa helm dan bahkan sofa. Pada tahun 1970an, NASA menyadari bahwa mereka harus membuat semacam lapisan pelindung tempat duduk yang akan menahan astronot dari cidera saat mereka mendarat dibumi. NASA akhirnya menciptakan lapisan bernama Open-cell Plastic Foam, atau biasa dikenal dengan Memory Foam. Karena lapisan busa ini akan kembali ke bentuk awalnya setelah tekanan yang didapatkan menghilang.

    Itu tadi 4 teknologi yang berasal dari NASA namun kita tidak menyadarinya. Yang mana yang anda gunakan sehari-hari?
    (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan