IBX5828C990AE55E Benarkah Mandi Setelah Begadang Mengakibatkan Kematian? - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Senin, 09 November 2015
    Advertisement

    Yoechua Blog - Pernahkah anda mendengar bahwa mandi bisa menyebabkan kematian bagi kita di saat-saat tertentu? Atau pernahkah anda mendengar larangan untuk tidak mandi setelah bergadang karena dapat menyebabkan kematian?.

    Menurut anda apakah larangan tersebut fakta atau mitos?. Mandi merupakan kegiatan rutin yang pasti dilakukan setiap orang dimana umumnya setiap orang mandi 2-3 kali sehari. Bahkan ada beberapa orang yang mandi kapanpun saat dia merasa gerah atau lelah, karena tidak bisa dipungkiri mandi akan memberi rasa fresh atau segar setelahnya sehingga beberapa orang memilih untuk mandi dengan tujuan menghilangkan rasa gerah, lelah atau kantuk. 

    Lantas bagaimana bila seseorang yang setelah begadang karena pekerjaan, tugas atau karena alasan seperti main game langsung mandi untuk menyegarkan tubuh? Apakah tidak masalah atauh bahkan benar bahwa hal tersebut dapat menyebabkan kematian. 

    Menurut dr. Kasim Rasjidi dari rumah sakit Asri Jakarta, mandi setelah begadang dan mengakibatkan kematian merupakan mitos belaka. Memang benar bahwa kebiasaan begadang secara terus menerus dapat meningkatkan resiko penyakit seperti jantung dan stroke. 

    Beliau mengatakan bahwa orang yang sudah memiliki kondisi penyempitan pembuluh darah baik di otak ataupun jantung, maka mandi dapat menyebabkan keadaan penguncupan bahkan penyumbatan karena suhu dingin di tubuh saat mandi. Tapi tentu saja hanya terjadi pada kondisi tertentu saja dan tidak boleh disama ratakan untuk setiap orang. Sebenarnya, tidurlah yang memegang peranan penting. Karena kurang tidur, akan menyebabkan penyakit seperti hipertensi, jantung, diabetes, dan lainnya.

    Namun beberapa pendapat lainnya mengatakan bahwa larangan mengenai tidak bolehnya mandi setelah begadang karena dapat mengakibatkan kematian merupakan hal yang benar. Bayangkan saja, kondisi tubuh yang sudah melakukan aktivitas seharian dan pada malam harinya harus istirahat dipaksa bekerja “lebih”. 

    Tentu tubuh kita akan mengalami “pemanasan” akibat kerja berlebihan dan tidak ada waktu istirahat. Nah, bayangkan saja bila tubuh pada kondisi seperti itu tiba-tiba langsung diberi air dingin dengan suhu yang berbeda dengan suhu tubuh kita. Adanya penurunan suhu tubuh secara drastis dan tiba-tiba dimana tubuh kita tidak dirancang untuk kondisi tersebut, tentu dikhawatirkan akan merusak kinerja tubuh dan mengakibatkan hal-hal fatal.

    Nah, bagaimana menurut kamu? Apakah hal tersebut berbahaya atau tidak. Yang pasti, usahakan hindari kegiatan begadang yang apalagi dengan alasan yang kurang penting.
     (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan