IBX5828C990AE55E Benarkah Planet Mirip Bumi Ini Dapat di Huni ? - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Minggu, 08 November 2015
    Advertisement

    Yoechua Blog - Telah diketahui bahwa pencaharian “rajin” dilakukan oleh ahli astronom untuk menemukan planet yang mirip dengan bumi dan tentu saja bukan hanya tampilan fisik yang mirip tapi juga mampu dihuni oleh manusia. 

    Bumi layak ditempati karena “komposisi” yang terdapat di dalam dan diluar bumi menyediakan apa yang dibutuhkan manusia dan makhluk hidup lainnya untuk hidup seperti kandungan udara yang cocok untuk kebutuhan makhluk hidup dan ketersediaan air. Hal ini lah yang menjadi dasar syarat planet dikatakan mirip dengan bumi.

    Salah satu satelit yang bernama Kepler milik National Aeronautics and Space Administration atau yang lebih dikenal dengan singkatan NASA yang merupakan lembaga pemerintah milik Amerika Serikat ini telah menemukan planet yang merupakan kandidat terkuat sebagai planet mirip bumi.  

    Planet yang diberi nama Kepler 425 b ini memiliki ukuran 1,6 kali ukuran bumi. Meski tidak berada di tata surya yang sama dengan bumi kita, Planet ini juga dilaporkan mengorbit bintang yang mirip dengan matahari pada tata suryanya. Namun jarak antara planet Kepler dengan “mataharinya” lebih jauh dibanding jarak antara bumi kita dengan matahari. 

    Namun, bintang induknya diperkirakan lebih terang dari matahari. Sehingga tidak perlu khawatir mengenai energi yang diterima planet K ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Salah satu peneliti kepler ini, Jon Jenkins yang mengatakan  bahwa sinar “matahari” Kepler 425 b juga sama seperti yang diterima oleh bumi dari matahari. 

    Selain itu, planet tersebut memiliki atmosfer yang lebih tebal dibandingkan bumi meskipun belum diketahui kandungannya. Selain itu kemiripan lainnya adalah waktu planet kepler butuhkan untuk berevolusi tidak hauh berbeda dengan bumi yaitu 385 hari sedangkan bumi 365 hari. 

    Namun untuk menjangkau atau mengunjungi planet ini, dibutuhkan waktu yang lama. Hal ini disebabkan karena jaraknya yang cukup jauh dari tata surya kita dimana Kepler 452 b berjarak 1.400 tahun cahaya dari Bumi. Penelitian lebih lanjut terus dilakukan untuk memastikan seberapa mirip planet ini terhadap bumi kita.
     (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan