IBX5828C990AE55E Ingin Tahu Mengapa Burung Flamingo Berwarna Merah Muda? - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Ervan Nuari - Rabu, 04 November 2015
    Advertisement

    Yoechua Blog - Flamingo, jenis burung dengan kaki panjang dan warna merah muda yang anggun ini merupakan hewan yang sering digambarkan dalam film-film drama romantis, karena warnanya yang merah muda, warna dari romansa dan percintaan. Namun tahukah anda, bahwa merah muda bukanlah warna asli dari Flamingo?

    Flamingo adalah burung yang bertempat tinggal di benua Amerika. Burung ini mempunyai ciri khas yaitu kakinya yang langsing dan panjang serta warna bulunya yang terlihat berbeda dari burung-burung kebanyakan, merah muda. Namun rupanya merah muda bukanlah warna asli dari burung Flamingo. Coba lihat foto dari bayi Flamingo berikut ini.

    Warnanya bukan merah muda bukan? Tapi lebih ke putih keabu-abuan. Namun mengapa mereka berubah warna ketika menginjak dewasa? Jawabannya ada di pola makan mereka. Flamingo hidup dengan memakan makhluk hidup laut seperti alga, udang dan lain-lain. Makhluk-makhluk ini, terutama alga dan udang, memiliki pigment warna oranye kemerahan yang sangat tinggi, biasa dikenal dengan karotenoid.

    Kalau kalian berkata bahwa udang lebih terlihat hijau atau kebiruan, maka jawabannya adalah, karotenoid adalah pigmen yang menempel pada protein. Ketika kalian memasak udang, maka warnaudang tersebut akan menjadi merah bukan? Ini terjadi karena ketika dipanaskan, maka karotenoid akan terpisah dari protein, hingga akhirnya memunculkan warna sebenarnya.

    Begitu pula dengan Flamingo. Ketika memakan alga dan udang, karotenoid ini akan terpisah dari protein saat berada di sistem pencernaannya. Secara lambat laun tumpukan karotenoid ini akan menyatu dengan lemak di tubuh Flamingo dan merubahnya menjadi warna merah muda.

    Tapi, karotenoid tidak hanya mempengaruhi Flamingo. Manusia juga bisa berubah warna jika memakan makanan yang tinggi karotenoidnya, seperti wortel, aprikot, squash dan mangga. Terlalu banyak memakan buah tadi bisa membuatmu menjadi berwarna oranye, biasa disebut karotenosis. Tapi karena pola makan kita yang tidak hanya berdasarkan satu jenis makanan, kalian tidak perlu khawatir dengan masalah ini.


    Jadi apakah anda ingin berubah warna? Silahkan perbanyak makan buah dan sayuran tadi.
    (yoechua.com) 

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (1)
    Komentar
    1. Saya tidak percaya dengan makan buah mangga dan wortel kulit manusia bisa berubah . buktinya kulit saya tidak berubah warna , hahay

      BalasHapus

    Berkomentarlah dengan Santun dan Beretika sebagai Bangsa yang Beradad yaa ^_^

    Jangan Lewatkan