IBX5828C990AE55E Mengerikan, Waspadai Bakteri Pemakan Daging Manusia iIni - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Minggu, 15 November 2015
    Advertisement

    Yoechua Blog - Pernahkah anda mendengar bahwa ada jenis bakteri yang mampu menggerogoti tubuh manusia dengan cara “memakan” daging? Ada beberapa kasus yang cukup menggemparkan mengenai pasien yang harus di rawat intensif akibat si bakteri ini, bahkan ada yang hampir kehilangan nnyawa nya. Jenis bakteri apakah itu? 

    Penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri ini disebut dengan istilah necrotizing fasciitis yang merupakan penyakit infeksi yang denga cepat menyebar dan menyebabkan nekrosis jaringan atau kematian jaringan bahkan kematian si penderita apabila si jaringan yang terinfeksi tidak cepat ditangani atau diamputasi. 

    Bakteri penyebab penyakit ini tergolong banyak jenisnya. Beberapa diantaranya adalah kelompk Streptococcus dan Staphylococcus, baik menginfeksi sendiri atau dengan bakteri lainnya, bakteri Clostridium juga harus dipertimbangkan serta bakteri seperti Bacteroides, Peptostreptococcus, dan Clostridium sering juga ditemui dari daerah yang terinfeksi. Mengapa bakteri jenis tersebut dapat menyebabkan kaki mengalami nekrosis fascilitis? 

    Belum ada yang bisa memastikan bagaimana bakteri tersebut bisa menyebar dan “memakan” daging si korban. Namun yang pasti, si bakteri-bakteri tersebut masuk melalui luka terbuka atau goresan yang terjadi pada kulit. Bakteri-bakteri ini menyerang si penderita dengan cepat. Awalnya bakteri yang masuk akan mengeluarkan toksin yang bukan hanya mampu merusak sel-sel kulit yang terinfeksi, otot, lapisan lemak dan terakhir mematikan jaringan tubuhpun dilakukan oleh si bakteri ini. 

    Selain mematikan jaringan si penderita bakteri ini mampu menghasilkan racun yang menghambat respon kekebalan tubuh, menghasilkan hipoksia jaringan, dan khususnya melarutkan jaringan ikat. Orang yang paling beresiko untuk terkena penyakit yang tergolong langka ini adalah orang yang mempunyai daya tahan tubuh rendah, riwayat diabetes melitus. 

    Namun jangan salah, ada juga kasus yang menimpa orang sehat seperti yang pernah dialami oleh seorang wanita bernama Aimee Copeland yang merupakan mahasiswa program master di West Geornia University yang hampir meregang nyawa karena ulah si bakteri-bakteri ini. Berawal dari luka yang menganga dan harus dijahit yang diakibatkan dari jatuhnya dia dan terlempear ke tepian sungai. 

    Sehari Setelah betisnya dijahit, tak disangka sakit yang sangat mendera di daerah sekita jahitannya. Ternyata sakit tersebut dakibatkan karena infeksi parah yang terjadi pada kakinya. Keadaan ini membuat Aimee harus diamputasi demi menyelamatkan nyawanya agar si bakteri ini tidak menyebar dan menyebabkan kematian jaringan lainnya. 
     (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan