IBX5828C990AE55E Sebelum Indonesia, Inilah Nama-Nama Pendahulunya yang Mendunia - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Kamis, 17 Desember 2015
    Advertisement

    Yoechua Blog - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dan tentu saja adalah negara yang sangat kita cintai. Tapi apakah anda tahu asal usul dari nama Indonesia tersebut? Mungkin banyak yang tidak mengetahuinya karena memang ketika kita belajar di sekolah dasar atau SMP, sangat minum pembelajaran mengenai asal usul kata Indonesia.

    Indonesia sebenarnya  berasal dari bahasa Yunani yaitu di ambil dari kata Indo dan Nesie yang berarti Kepulauan Hindia. Orang pertama yang menyebut Indonesia adalah James Richardson Logan pada tahun 1869 di dalam bukunya yang berjudul The Indian Archipelago and Eastern Asia. Yah, nama itulah yang melekat dalam hati dan pikiran kita tentang Tanah Air ini.

    perlu anda tahu, sebelum Indonesia di gunakan oleh negara kita, sebenarnya ada 5 nama yang dulu pernah menjadi nama dari negara kita ini lho, Penasaran? Berikut adalah nama-nama pendahulu indonesia sebelum menggunakan nama Indonesia.

    #1. Hindia
    Walau tidak secara langsung menyebut Hindia adalah nama pendahulu Indonesia, namun Hindia adalah cikal bakal daripada nama yang diberikan oleh pendatang/ pelaut. Hindia merupakan ciptaan Herodotus, ia adalah seorang ahli sejarah yang berasal dari Yunani ( 484-42 SM).

    #2. Nusantara
    Nusantara adalah salah satu nama pendahulu Indonesia yang begitu melekat dalam sejarah indonesia terlebih ketika pada masa kerajaan. Nusantara atau juga dikenal sebagai Dwipantara memiliki arti sebagai pulau-pulau yang berada di antara benua-benua. Kitab Negarakertagama menyebutkan bahwa Nusantara merupakan pulau-pulai kecil yang berada di luar tanah jawa.

    #3.Naderlandsch Oost-Indie/ Nederlandsch Indie
    Nama ini bertama kali di dengar dari mulut Cornelis de Hotman , seorang pelaut Belkamu yang pada masa itu berkuasa di Indonesia. Ia menyebut Naderlandsch Oost-Indie/ Nederlandsch Indie untuk indonesia ketika ia pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1596.

    #4.Insulinde
    Insulinde adalah nama yang diciptakan oleh Eduar Douwes Dekker untuk menyebut Indonesia dalam bukunya yang berjudul Max Havelaar pada tahun 1860. Ia menamai Insulinde karena merasa jijik oleh nama indonesia sebelumnya yang di ciptakan oleh Belkalmu bernama Nederlandsch Indie. Insulide berasal dari Insulair, Insula dan indus dimana Insula memiliki arti pulau dan Indus adalah Hindia, jadi Insulinde adalah pulau Hindia.

    #5. The Malay Archipelago
    The Malay Archipelago adalah nama yang diciptakan oleh Alfred Russel Walce pada tahun 1869. The Malay Archipelago berasal dari kata malay yang artinya adalah Melayu sedangkan Archipel berasal dari kata Archipelagus ( Archi = Memerintah dan Plagus = Laut) sehingga memiliki arti kumpulan pulau-pulau melayu.
     (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan