IBX5828C990AE55E Kopi Unik Ini Hanya Ada Di Indonesia Loh - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Luluk Emje - Selasa, 02 Februari 2016
    Advertisement

    Yoechua Blog - Kopi menjadi semakin menjadi populer sejak kasus meninggalnya seseorang setelah menenggak secangkir kopi di sebuah kedai kopi di Jakarta. Hingga saat ini kasusnya masih menjadi hot news di banyak liputan media. Pada umumnya kita ketahui jenis kopi diantaranya kopi putih atau white kopi dan kopi hitam dengan biji kopi robusta, arabica dan lain-lain.

    Meskipun di dunia banyak negara-negara penghasil kopi yang sudah tersohor, namun kopi-kopi berikut patut untuk dicoba dan merupakan kebanggaan kita sebagai orang Indonesia yang mempunyai banyak kekayaan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.



    1. Kopi Luwak

    Kopi Luwak adalah seduhan kopi dari biji kopi yang bersama sisa kotoran luwak atau musang kelapa. Biji kopi luwak diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak, selain itu aromanya juga sangat harum dan memanggil-manggil anda untuk segera menyeruputnya. Kepopuleran kopi luwak ini di kawasan Asia Tenggara telah lama dikenal dan baru sejak tahun1980an menjadi mendunia sebagai kopi termahal didunia yang harganya bisa mencapai USD100 per 450 gram. Dengan semakin berkembanganya kebiasaan meminum kopi sebagai gaya hidup membuat kepopuleran kopi luwak semakin diminati. Salah satu brand kopi instan pun sudah mengemas kopi luwak dengan kemasan praktis sehingga mudah dibawa kemana-mana dan bisa dinikmati kapan saja.

    2. Kopi Gayo

    Kopi khas dari Daerah Istimewah Aceh ini merupakan salah satu komoditi unggulan di dataran tinggi Gayo. Cita rasa kopi Gayo yang asli terdapat pada aroma kopi yang harum dan rasa yang gurih hampir tidak berasa pahit di lidah, bahkan  kopi Gayo dapat melebihi cita rasa kopi Blue Mountain dari Jamaika.  Kopi Gayo ditanam di daerah dataran tinggi dengan cara organik tanpa bahan kimia sehingga kopi ini dikenal juga dengan kopi hijau atau ramah lingkungan dan disebut sebagai kopi organik terbaik dunia.

    3. Kopi Kawa

    Kopi Kawa adalah sejenis kopi dan merupakan minuman khas dari Sumatra Barat yang dibuat bukan dari biji kopi seperti kopi pada umumnya tetapi dari daun kopi. Kebiasaan minum kopi Kawa ini dimulai sejak zaman penjajahan Belanda dulu, dimana rakyat pribumi diwajibkan menanam kopi namun hasil panen biji kopi mereka dirampas semua dan yang tersisa hanya daun kopinya saja, jadilah minuman kopi Kawa ini dibuat dari daun kopi. Ada keunikan lain dari kopi ini selain dari bahan yaitu cara minumnya pun tidak menggunakan cangkir melainkan tempurung batok kelapa. Karena dibuat dari daun kopi, kopi Kawa tidak sepekat kopi dari biji kopi, teksturnya lebih seperti teh. Kadar kafeinnya pun lebih rendah sehingga tidak akan membuat anda insomnia setelah menyeruputnya.

    4. Kopi Manggar

    Kopi Manggar adalah kopi khas dari Belitung yang menjadi kebanggaan warga Belitung pastinya. Istilah kopi Manggar berkaitan dengan nama salah satu daerah di Belitung yang disebut kota 1001 warung kopi, sebab hampir ditiap sudut kota tersebar banyak warung kopi. Kopi Manggar sendiri berasal dari seduhan biji kopi robusta yang cenderung asam. Ada yang unik dari cara menyeduh kopi Manggar ini, jika biasanya kopi langsung diseduh dengan air panas, berbeda dengan kopi Manggar. Kopi ditaruh ke saringan dan diletakkan diatas ceret, lalu diseduh dengan air mendidih. Kopi hasil saringan lalu diaduk dan dipindahkan ke ceret yang berbeda lalu disaring sekali lagi dan siap dituang ke dalam gelas saji untuk dihidangkan. 

    5. Kopi Joss

    Kopi yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi, kopi khas dari Jogjakarta, kepopuleran kopi Joss tidak hanya menggema di Jogja namun seantero Nusantara. Kopi Joss sering disebut kopi arang, sebab yang disajikan panas dengan cita rasa kuat dan manis dimasuki arang panas di dalamnya, unik kan? Kopi Joss ini memiliki beberapa khasiat bagi tubuh diantaranya arang yang dimasukkan ke dalam kopi Joss mampu menetralisir asam lambung dan menjadi obat bagi masalah gas dan kembung. Beberapa peramu atau barista kopi Joss mengatakan bahwa kopi ini dapat membangkitkan stamina.

    Kopi Unik Ini Hanya Ada Di Indonesia Loh (part 2)
    (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan