IBX5828C990AE55E 5 Fakta Yang Tak Dibeberkan Di Buku Sejarah Tentang Penemuan - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Luluk Emje - Kamis, 11 Februari 2016
    Advertisement

    Yoechua Blog - Hampir disemua buku-buku pelajaran yang berkaitan dengan penemuan-penemuan alat menyebutkan nama dari penemunya tersebut. Seperti penemu bola lampu yang familiar kita ketahui adalah Thomas Alva Edison.  Suku asli Amerika bernama suku Indian, kenapa ya namanya Indian padahal kan benuanya Amerika?

    Berikut ini adalah 5 fakta yang begitu populer namun kita salah mempelajarinya karena sebenarnya fakta-fakta ini tidak tertulis dalam buku sejarah yang sering kita pelajari sewaktu kita bersekolah.

    1. Suku Indian adalah orang Asia

    Suku asli yang dijumpai oleh Columbus saat pertama kali menjajakan kaki di benua yang saat ini kita kenal dengan benua Amerika adalah suku Indian, menurut buku sejarah yang pernah kita baca di sekolah. Tapi tahu , fakta sejarah yang berhasil mengungkap bahwa suku Indian adalah sebuah kelompok besar orang Asia yang bermigrasi dari benua Asia ke Amerika, ketika benua Asia dan Amerika terhubung di bagian utaranya. Kemudian mereka tinggal di seluruh bagian utara dan selatan benua Amerika, yang mungkin dikenal sebagai bangsa Indian, penduduk asli Amerika yang salah disebutkan oleh Columbus, sebab ia mengira sudah sampai di India, sehingga ia menyebut mereka Indian atau orang-orang India.

    2. Columbus adalah penemu Amerika yang kedua

    Sebuah fakta terkait dengan sejarah ditemukannya benua Amerika masih hangat untuk diperbincangkan. Hasil studi terbaru menyebutkan orang Eropa Selatan adalah orang pertama yang menemukan Amerika Utara di tahun 1472. Dia adalah Joao vas de Corte Real yang berkebangsaan Portugis di suatu misi penemuan rahasia. Tetapi bangsa Phoenicians mungkin mengunjungi Amerika Utara jauh sebelum itu. Bangsa Phoenicians merupakan bangsa pertama yang berdagang melintasi samudera.  Sedang Columbus datang pertama kali ke Amerika pada dua puluh tahun kemudian yakni tahun 1492 dan dia menyebut Haiti untuk daerah Hispaniola.

    3. Thomas Alva Edison bukan penemu pertama bola lampu

    Fakta sejarah yang saat ini terungkap membeberkan bahwa Sir Joseph Wilson Swan mematenkan untuk pertama kalinya bola lampu pada tahun 1878 di Inggris. Lalu Thomas Alva Edison membuat sedikit tiruan yang lebih baik, kemudian ia berusaha untuk mendapatkan hak paten atas tiruan bola lampunya tersebut di Amerika Serikat sekitar setahun kemudian. Thomas Alva edison memperkenalkan bahwa bola lampu listrik adalah hasil penemuannya. Tetapi pada tahun 1892 Perusahaan Edisons merger dengan Swans dan menjadi General Electric lalu mereka menggunakan metoda asli dari hasil temuan Swans untuk membuat bola lampu.

    4. Alexander Graham Bell bukan penemu pertama telepon

    Hampir disemua buku pelajaran kita dapati bahwa telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell dari Amerika. Namun faktanya kini terkuak bahwa Bell bukanlah penemu pertama telepon. Penemu telepon yang pertama adalah seorang berkebangsaan Italia bernama Anotonio Santi Giuseppe Meucci atau dikenal dengan nama Antonio Meucci. Penetapan Antonio Meucci sebagai penemu telepon disampaikan pada kongres Amerika di bulan Juni 2002 yang berdasakan karena Bell membuat telepon pertama di Boston, Massachusetts pada tahun 1876. Sedangkan penemu Italia, Antonio Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849.  

    5. Guglielmo Marconi bukan penemu pertama radio

    Serupa dengan Alexander Graham Bell yang mengaku sebagai penemu pertama, kali ini penemuan radio pertama kali adalah oleh seorang ilmuwan terkenal Nicola Tesla asal Yugoslavia pada tahun 1893. Begini sejarahnya, Nicola Tesla merancang desain dasar untuk radio. Sebelumnya pada tahun 1884 ia menemukan kumparan induksi yang akhirnya disebut kumparan "Tesla" atau "Tesla coil". Kemudian tahun1893 ia mendemonstrasikan transmisi nirkabel kepada publik. Namun pada tahun 1895 kebakaran melanda laboratorium miliknya, dan memusnahkan seluruh hasil pekerjaannya. Pada saat inilah terdapat kontroversi. Ditahun yang sama yakni 1895 di Inggris, Guglielmo Marconi juga sedang mengerjakan komunikasi nirkabel. Ia berhasil mendemonstrasikan komunikasi nirkabel radio dengan sinyal radio pertama dikirim dan diterima pada tahun 1895. Kemudian pada 1896 ia mematenkan penemuannya.
    (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan