IBX5828C990AE55E Lima Kasus Overdosis Makanan Berujung Maut, Kok Bisa? - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Luluk Emje - Kamis, 18 Februari 2016
    Advertisement

    Yoechua Blog - Kejadian overdosis adalah keadaan dimana seseorang kehilangan kesadarannya akibat terlalu banyak mengkonsumsi obat melewati batas torelansi tubuh terhadap zat yang masuk ke dalam tubuhnya tersebut. Kejadian oversosis ini memang kerap berkaitan dengan obat-obatan, sebagai contoh seseorang meninggal akibat overdosis obat tidur, dimana ia meminum obat tidur melebihi dosis yang dianjurkan.

    Mungkin kasus overdosis karena obat sudah sering terjadi di dunia. Tapi bagaimana jika kasus overdosis terjadi bukan karena obat, melainkan overdosis mengkonsumsi makanan atau minuman? Anda pasti kaget kan? 

    1. Overdosis Air Putih

    Keracunan akibat minum air rasanya adalah kejadian yang langka terjadi, sebab secara umum kita tau bahwa tubuh kita sangat membutuhkan air untuk mencukupi kadar cairan dalam tubuh, akan berbahaya pada kesehatan jika seseorang kurang mengkonsumsi air, yang paling parah bisa mengalami gagal ginjal.  Namun kejadian overdosis air ini benar dialami oleh Jennifer Strange pada 12 Januari 2007. Jennifer adalah ibu dari tiga orang anak berusia 28 tahun dan berasal dari Rancho Cordova, California, AS. Jennifer mengikuti lomba minum air putih sebanyak-banyaknya dan menahan kencing guna memenangkan hadiah Nintendo Wii. Acara yang diadakan oleh Radio KDND 107.9FM ini mengakibatkan Jennifer meninggal karena keracunan air putih. Pihak keluarga memperkarakan Radio KDND ke pengadilan sebagai penyelenggara acara gila yang telah melakukan tindakan yang mengakibatkan kematian orang lain. Radio KDND dinyatakan bersalah dan didenda sebesar US$ 16.5 juta dan ijin operasi radionya dicabut karena telah melakukan kuis radio yang berbahaya bagi pendengarnya.

    2. Overdosis Teh

    Teh sebenarnya dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya teh mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh, teh juga dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Tetapi pada tahun 2009 terjadi kejadian overdosis yang disebabkan oleh teh. Kejadian itu dialami oleh seorang wanita yang tak disebutkan namanya, berusia 47 tahun dan berasal dari Detroit. Dari hasil penyidikan yang dilakukan polisi setempat mendapati wanita tersebut ditengarai meninggal karena keracunan mineral dan fluorida dari teh yang diminumnya. Setelah menyelidiki dengan rinci penyebab sebenarnya kematian korban bermula dari sakit yang diderita yaitu gangguan pada tulang, terutama pada sambungannya atau dikenal dengan istilah Skeletal Fluorosis. Kondisi ini begitu menyakitkan penderita saat ia menekuk beberapa bagian badan tertentu dan menyebabkan pertumbuhan gigi yang kurang baik serta mudah pecah. 

    Biaya untuk pengobatan yang tak murah, membuat sang dokter yang memeriksanya menyarankan untuk meminum teh. Namun si wanita tersebut menyalahi dosis teh yang diseduhnya, ia meminum teh kental yang diseduh dari 100 bungkus teh celup dan ini berlangsung selama 17 tahun lamanya. Akibatnya tubuhnya menderita kelebihan fluorida dan akhirnya meninggal dunia. Tetapi dari kasus ini ditemukan fakta bahwa teh benar-benar ampuh untuk memperbaiki pertumbuhan tulang, sehingga dari hasil otopsi pada wanita tersebut ditemukan tulangnya sangat kuat dan padat seperti tulang remaja. Hal ini tentu menjadi perhatian bagi kita semua, sesuatu yang menjadi obat akan benar adanya ketika sesuai takaran yang dianjurkan, dan membunuh jika berlebihan.

    3. Overdosis Kecap Asin

    Kecap asin adalah salah satu jenis kecap-kecapan yang banyak digunakan untuk memasak. Sebagai bahan masakan tentunya takaran yang digunakan biasanya hanya satu atau beberapa sendok saja. Namun kejadian overdosis kecap asin ini benar terjadi di Virginia, AS. Seorang remaja berusia 19 tahun itu berlomba minum kecap asin bersama teman-temannya. Perlombaan konyol berujung maut ini membuat si gadis meminum seperempat botol kecap asin yang berisi 250ml kecap atau setara 62,5 ml kecap asin sekaligus. Sesaat setelah meminum kecap asin, remaja itu mengalami kejang-kejang lalu pingsan. Sesampainya di rumah sakit ia mengalami koma, dan setelah 5 jam koma dia pun dinyatakan meninggal dunia.

    Menurut Dr. David J. Carlberg dari University of Virginia, kecap asin mengandung sodium dan garam dalam kadar yang sangat tinggi. Sodium mengandung kadar asam yang sangt tinggi dan tubuh manusia mempunyai batas tertentu untuk bisa menyerapnya. Idealnya mengkonsumsi kecap asin adalah 1 sendok makan, itu pun tidak dalam kondisi padat. Jika kecap asin tersebut mengandung sodium dan garampadat, maka 1 sendok makan saja sudah sangat berbahaya, apalagi seperempat botol.

    4. Overdosis Coca-cola

    Minuman bersoda yang memiliki banyak  penggemar diseluruh dunia ini membuat geger. Pasalnya kejadian overdosis setelah meminum coca-cola terjadi di New Zealand pada Februari tahun 2010 lalu. Yang namanya overdosis pastinya berlebihan mengkonsumsi minuman bersoda ini. Natasha Harris, yaitu seorang ibu rumah tangga berusia 30 tahun yang menjadi korban minuman saingan pepsi ini. Ibu yang berasal dari Invercargill, New Zealand ini menenggak 2.2 galon coca-cola sekaligus. Ya, 2.2 galon dihabiskannya lalu membuatnya kini berada di pemakaman. Tak jelas apa alasan yang melatarbelakangi ia melakukan aksi nekat dan gilanya itu. Yang pasti efek dari kelebihan mengkonsumsi minuman bersoda itu membuat jantungnya mengalami gangguan kemudian berhenti mendadak.

    5. Overdosis Bubuk Kafein

    Kafein sering kita dengar erat kaitannya dengan kopi. Ya, kopi merupakan salah satu sumber kafein, namun kafein pada kopi masih bisa diterima tubuh manusia. Tapi apa jadinya jika dengan sengaja mengkonsumsi bubuk kafein tanpa diolah seperti yang dilakukan Michael Lee Bedford di tahun 2004. Pria berusia 23 tahun asal Inggris itu nekad meminum langsung 2 sendok bubuk kafein yang mengakibatkan ia meninggal dunia. Hanya dalam beberapa menit setelah meminum kafein, Bedford mengalami kejang-kejang dan muntah darah hingga akhirnya meninggal. Aksi nekadnya meminum 2 sendok kafein tersebut setara dengan meminum sekaligus 70 kaleng minuman berenergi. Hal ini membuat pencernaan Bedford hancur dan jantungnya berhenti seketika. 
    (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan