IBX5828C990AE55E Inilah 5 Penjara Paling Ditakuti di Dunia - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Luluk Emje - Kamis, 18 Februari 2016
    Advertisement

    Yoechua Blog - Kita tau bahwa penjara adalah tempat dimana para penegak hukum menghukum para penjahat yang telah melakukan tindak kriminal. Kehidupan di penjara sangat jauh berbeda dengan kehidupan di luar penjara. Di dalam penjara tidak akan ditemukan sesuatu yang bisa dikatakan nyaman, sebab yang ada hanyalah ruangan sempit dengan tempat tidur bahkan tanpa kasur serta jeruji besi.

    Penjara menjadi salah satu tempat yang menakutkan bagi banyak orang. Seperti dilansir toptenz.net Tak hanya menakutkan, penjara juga dikenal kejam dan sadis sehingga begitu ditakuti di dunia.

    1. Alcatraz Island Prison (San Francisco)

    Penjara yang dibangun tahun 1920-an ini merupakan penjara paling menyeramkan. Mendapat julukan Devil's Island, penjara ini dirancang sedemikian rupa sehingga sangat kecil kemungkinan napi yang ditahan di penjara ini dapt kabur. Alcatraz benar-benar menciptakan dunianya sendiri dan para napi terputus kontak dengan kehidupan luar penjara. Penjara Alcatraz terkenal dengan pejabat penjaranya yang arogan, sipir yang kasar, dan kebijakan yang tidak manusiawi.

    Di sana ada larangan untuk tidak berbicara dengan napi lain, tak heran jika banyak napi yang terkena gangguan jiwa akibat tekanan psikologis luar biasa. Penjara ini juga dikenal sebagai penjara neraka, sebab para napi dilarang mengeluarkan emosinya, mereka dipaksa untuk diam. Sehingga sudah barang tentu hak-hak sebagai manusia di Alcatraz itu telah dicabut. Penjara Alcatraz ditutup pada tahun 1963, namun warisan kegelapan penjara tersebut tetap melegenda.

    2. Carandiru Prison (Brasil)

    Tahun 1992 menjadi tahun yang menghebohkan di Brasil dan dunia. Terjadi kerusuhan besar di penjara Carandiru yaitu pembantaian massal yang melibatkan polisi setempat. Ratusan korban berjatuhan, ada sumber yang mengatakan jumlah korban 103 ada pula yang menyebut 111 napi tewas terbunuh. Tragedi Carandiru bermula dari perang antar-Genk di penjara tersebut yang melebar hingga melibatkan banyak napi. Saat itu dikabarkan banyak napi yang menyerah dengan melemparkan senjata mereka dan meminta perlindungan polisi, namun yang terjadi polisi itu malah menembaki mereka. Perlakuan brutal para polisi di penjara Carandiru itu menuai protes dimana-mana, tak terkecuali Amnesty Internasional yang mengkampanyekan penutupan penjara tersebut pada tahun 2002.

    Terjadi pelanggaran HAM disana yang tidak bisa lagi ditolerir, selain itu fasilitas penjara juga sangat buruk sehingga menyebarkan penyakit mematikan bagi para napi. Pada masa itu Kepala Kepolisian Metropilitan Sao Paulo dianggap sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas tragedi tersebut. 

    3. Diyarbakr Prison (Turki)

    Penjara ini dikenal sebagai penjara terkejam di Turki, sebab kebrutalan dan kesadisan begitu lumrah terjadi. Catatan sejarah menyatakan dari tahun 1981 hingga 1984 sebanyak 34 napi tewas karena penyiksaan berlebihan, baik jiwa maupun fisik. Ditambah lagi dengan kasus penyimpangan seksual yang merajalela. Di penjara Diyarbakr pernah terjadi peristiwa menggerkan, dimana anak-anak dijebloskan kedalam penjara kemudian dihukum penjara seumur hidup.

    Penindasan dan kejahatan kemanusiaan sepertinya menjadi kejadian biasa di penjara mengerikan ini. Para napi sebenarnya telah banyak melakukan protes, hingga  aksi membakar diri sebagai bentuk protes. Namun hal tersebut tidak berhasil. Bicara soal fasilitas, penjara ini jauh dari standar penjara pada umumnya.

    4. La Sabaneta Prison (Venezuela)

    Ada lagi penjara terjelek dari yang jelek. Kondisi napi dalam penjara La Sabaneta ini sangat memprihatinkan, wabah kolera sempat menyambangi penjara ini dan menewaskan 700 napi. Di penjara ini juga pernah terjadi pembantaian massal yang merenggut 100 orang napi di tahun 1994. Para staf penjara disana malas mengurusi para napi, sehingga para napi leluasa melakukan tindakan sesukanya, tak jarang terjadi perkelahian antar-napi bahkan hingga saling membunuh. Tak heran kematian di La Sabaneta sangat merajalela.

    5. Bang Kwang Prison (Thailand)

    Penjara di Thailand ini boleh dibilang sudah tidak layak huni. Penjara ini sudah terlalu banyak menampung napi hingga mereka dirantai. Penjara Bang Kwang ini kekurangan tenaga sipir untuk mengurusi para napi akibatnya banyak napi yang menjadi gila karena stress. Di penjara ini fasilitas sangatlah minim, perawatan kesehatan bagi para napi pun sangat standar. Tak jarang napi yang sakit hanya bisa meringkuk dengan kaki dirantai di kamarnya sambil menunggu datangnya obat kalaupun ada.
    (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan