IBX5828C990AE55E Inilah Manfaat Menakjubkan Labu Siam Yang Jarang Orang Tahu - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Luluk Emje - Senin, 29 Februari 2016
    Advertisement

    Yoechua Blog - Labu siam atau dikenal juga dengan nama jipang adalah salah satu jenis sayuran yang sering kita jumpai dan dimasak menjadi sayur lodeh atau sayur asem. Bentuk labu siam ini seperti buah pear dan berwarna hijau muda, dan terdapat biji di tengah buahnya.

    Labu siam dikenal sebagai sayuran yang memiliki serat yang tinggi, rendah kalori, dan kaya mineral, sehingga labu siam banyak dikonsumsi orang yang sedang diet. Selain menjadi makanan yang direkomendasikan bagi mereka yang sedang diet, ternyata labu siam juga banyak direkomendasikan bagi siapa saja untuk mencegah penyakit-penyakit ini

    1. Mencegah Kanker
    Di dalam labu siam terdapat kandungan antioksidan yakni apigenin dan luteolin, selain itu dari 100 gram labu siam terdapat 7,7 mg vitamin C yang dapat memenuhi 13% dari total kebutuhan vitamin C harian tubuh. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya mampu melawan dan membersihkan radikal bebas penyebab kanker yang ada di dalam tubuh.

    2. Menurunkan Kolesterol
    Dari hasil penelitian yang banyak dilakukan para ahli, dari 100 gram labu siam memiliki 0 mg kadar kolesterol, tidak memiliki kandungan lemak jenuh, dan rendah kalori yakni hanya sebesar 19 Kcal yang berarti kurang dari 1% berdasarkan saran penyajian atau kebutuhan kalori tubuh. Berdasarkan faktor tersebut, labu siam dapat digunakan untuk mengendalikan tingkat kolesterol yang tinggi.

    3. Mencegah Sembelit 
    Labu siam kaya akan serat, hasil penelitian menunjukkan terdapat 1,7 gram serat dalam 100 gram labu siam yang berarti dapat memenuhi 4,5% kebutuhan serat tubuh. Serat tersebut akan membantu melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh, sehingga anda dapt terbebas dari sembelit.

    4. Menurunkan Hipertensi
    Hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Purdue menyatakan labu siam atau Sechium edule yang telah diolah menjadi bentuk minuman atau dibuat teh dipercaya mampu menurunkan kadar tekanan darah yang tinggi.

    5. Mencegah Penyakit Jantung
    Dalam 100 gram labu siam terdapat banyak vitamin, diantaranya vitamin C sebesar 7,7 mg, vitamin E sebesar 0,12 mg, vitamin K sebesar 4,1 mikrogram. Selain itu juga terdapat banyak vitamin esensial seperti Niacin, Pyridoxine, Riboflavin, Thiamin dan lain-lain. Vitamin-vitamin yang terkandung dalam labu siam tersebut bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan radikal bebas, salah satunya penyakit jantung.

    6. Mengurangi Resiko Stroke
    Menurut penelitian yang telah banyak dilakukan labu siam dapat menjadi sumber folat yang baik bagi tubuh untuk membantu menstabilkan jumlah homocysteine di dalam darah. Jika seseorang memiliki kandungan homocysteine yang berlebihan dalam darahnya akan meningkatkan resiko penyakit stroke dan jantung.

    7. Mencegah Anemia
    Anemia sering dialami banyak orang, terutama wanita hamil dan menyusui yang disebabkan kekurangan sel darah merah. Kandungan vitamin B2 dan zat besi dalam labu siam mampu merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah anemia.
    (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan