IBX5828C990AE55E Keunikan Soto Khas Indonesia - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Luluk Emje - Kamis, 11 Februari 2016
    Advertisement

    Yoechua Blog - Indonesia kaya akan kuliner yang tak pernah habis untuk di jelajahi. Dari satu daerah ke daerah lain mempunyai makanan khas yang unik dan lezat. Namun ada satu makanan yang bernama sama tapi punya ciri khas berbeda menurut daerah asalnya.

    Yap, jika anda mendengar makanan bertajuk soto anda pasti tau, hanya saja ada rasa yang berbeda jika anda memakan beragam soto-soto Indonesia tersebut. Inilah keunikan Soto Indonesia yang patut anda ketahui dan anda cicipi yaah



    1. Soto adalah makanan khas Indonesia yang sulit di klaim negara lain

    Soto mempunyai cita rasa rempah Indonesia yang kaya. Rempah-rempah untuk bahan dasar bumbu soto ini tak mudah dijumpai di negara lain, terlebih daerah Eropa, Amerika, Afrika dan lainnya. Meskipun di Asia banyak sekali jenis rempah-rempah, tapi tidak semua daerah Asia mempunyai rempah-rempah bahan soto seperti soto khas Indonesia yang lezat.

    2. Soto adalah makanan berkuah yang lezat dimakan selagi hangat

    Soto memang enak disantap selagi hangat karena aroma rempahnya harum seperti mengajak kita untuk segera menyendoknya. Menyantap soto saat cuaca sedang hujan tambah membuat suasana makan semakin nikmat. Rempah-rempah soto membuat tubuh menjadi hangat sehingga tidak mudah masuk angin. 

    3. Soto ada yang berkuah rempah bersantan

    Keberagaman soto di Indonesia tercipta dari rasa dan bahan-bahan yang digunakan untuk menyajikan semangkuk soto yang enak dan lezat. Di beberapa daerah mempunyai soto dengan kuah bersantan, seperti soto betawi, soto medan, soto kediri. Soto Betawi sangat menggoda dengan toping emping dan kedelai goreng serta daging sapi dan jeroan yang nikmat dengan kuah santan. Soto medan juga berkuah santan dengan ayam kampung yang menggugah selera ditaburi irisan tomat juga kentang kukus. Serta soto kediri khas dengan topping tauge.

    4. Soto juga ada yang menggunakan daging sapi bahkan babat atau jeroan sapi

    Kebanyakan soto berkuah dari kaldu ayam yang direbus bersama bumbu, namun di Madura soto berbahan dasar daging sapi sehingga juga sering disebut soto daging khas Madura. Selain Madura, Bandung pun mempunyai soto daging yang enak tak hanya daging sapi dalam semangkuk soto Bandung juga terdapat irisan tipis lobak. Sroto Sokaraja khas Banyumas menggunakan daging stengkel atau sengkel. Di Indonesia juga terkenal soto babat yang isinya jeroan sapi, seperti babat, paru, dan hati.

    5. Ragam soto ayam yang menjadi primadona soto Indonesia

    Soto memang identik dengan isian daging ayam yang telah direbus bersama bumbu hingga matang, lalu penyajiannya dengan bahan pelengkap seperti ketpat atau lontong telur rebus, soun, taburan bawang goreng, ayam yang diiris atau di suwir dan bahan pelengkap lain seperti koya, tauge, irisan tomat, perkedel kentang, emping, kacang kedelai goreng. Soto ayam terkenal diantaranya Soto Lamongan, Soto Ambengan Surabaya, Soto Banjar, Soto kediri, dan lain-lain.
    (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan