IBX5828C990AE55E Tahukah Anda Ada Band Rock Tertua Di Dunia Asal Indonesia? - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Luluk Emje - Kamis, 11 Februari 2016
    Advertisement

    Yoechua Blog -Penikmat musik pasti tau, Band Rock tertua di dunia seperti The Beatles atau The Rolling Stones yang keduanya berasal dari Inggris. Tak banyak yang tau bahwa ada loh band rock tertua di dunia asal Indonesia bernama The Tielman Brothers. 

    The Tielman Brothers, beranggotakan Tielman bersaudara yaitu Andy Tielman (gitar, vokal), Reggy Tielman (rhytm gitar, vokal), Phonton Tielman (double bass, vokal) serta Loulou Tielman (drum, vokal) yang berasal dari Maluku. Mereka adalah anak dari pasangan Herman Tielman dan Flora Lorine Hess. Sang ayah menurunkan bakat bermusiknya kepada anak-anaknya dan sangat mendukung karir anak-anaknya tersebut bahkan menjadi manager untuk band anaknya tersebut.

    Karir The Tielman Brothers bermula ketika mereka tampil bersama membawakan lagu dan dengan atraksi tarian yang memukau di Surabaya tahun 1945 menyanyikan lagu Tiger Rag dan 12th Street Rag. Aksi mereka itu mampu membius penonton dan membuat mereka laris mengisi beberapa daerah lainnya. Singkat cerita awal dikenalnya The Tielman Brothers di blantika musik rock dunia dimulai saat mereka sekeluarga hijrah ke Breda, Belanda. Di Belanda, mereka mulai masuk dapur rekaman dan tampil menjelajahi musik rock luar negeri.

    Penampilan The Tielman Brothers sangat memukau karena diselingi atraksi panggung yang liar dan atraktif seperti bermain gitar dan double bass sambil berlari, melompat dan berguling pertama kali dilakukan oleh The Tielman Brothers, tak ketinggalan atraksi demo solo drumnya. Publik Belanda menyebut musik yang dibawakan The Tielman Brothers adalah "Indo-Rock", yang didominasi gitar. Permainan gitar ala Portugis yang akhirnya dikenal saat ini dengan musik keroncong, dipadukan dengan musik Hawaii, Country, dan Rock N Roll.

    Dari The Tielman Brothers-lah, bermunculan musisi terkenal, hal ini di buktikan dengan fakta tentang teknik permainan gitar yang memukau seperti memetik gitar menggunakan kaki dan gigi dilakukan oleh Andy Tielman pada tahun 1956. Baru setelah 11 tahun kemudian tepatnya 1967 teknik tersebut disuguhkan kembali oleh Jimi Hendrix, dengan eksperimen ala Jimi Hendrix.

    Di tahun 1958, The Tielman Brothers memiliki 3 (tiga) buah album yang menjadi hits di seluruh dunia, mereka juga memiliki Gibson Les Paul keluaran pertama yang di impor ke Belanda saat itu. Namun sayang, di tahun 1976 The Tielman Brothers dikabarkan bubar. Penyebab bubarnya band ini dikarenakan permainan musik mereka yang terkesan monoton dan tidak berkembang, sehingga membuat publik merasa bosan. Tetapi nama dan karya The Tielman Brothers hingga kini masih bisa didengar dan juga masih mendapat tempat di hati penggemarnya terutama di Belanda. 
    (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan