IBX5828C990AE55E 5 Kondisi Yang Hanya Dirasakan Oleh Mahasiswa Teknik Informatika - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Senin, 28 Maret 2016
    Advertisement

    Yoechua Blog - Menjadi seorang Mahasiswa IT ataupun lulusan IT menjadi dilema tersendiri ketika terjun di masyarakat. IT ( Information Technologi) atau juga sering di kenal sebagai teknologi informasi/teknik informatika/ilmu komputer dan lain-lain tentu menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia terutama di era saat ini, era IT. Tentu kehadiran IT di tengah masyarakat dapat membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan praktis.

    Tak heran mata kuliah teknik informatika menjadi jurusan terpopuler di Indonesia khususnya di bidang Saintek ketika mendaftar untuk perkuliahan. Atas hal inilah, banyak orang yang berpedapat ( orang awam) selalu mengira bahwa mahasiwa/ lulusan IT adalah manusia yang serba bisa jika berkaitan tentang teknologi. Memang benar, tapi tidak sepenuhnya benar. Penulis yang merupakan lulusan teknik informatika di salah satu perguruan tinggi di Kalimantan Timur, Universitas Mulawarman pernah merasakan kondisi dimana mungkin kalian yang juga mahasisa/lulusan IT pernah mengalami hal ini.

    #1. Kataglog Berjalan
    Pernah di tanya-tanya soal kualitas dan harga suatu produk? saya yakin anda pernah mengalaminya. Anak IT sering menjadi katalog berjalan bagi mereka yang ingin info-info seperti harga hp, laptop, komputer, printer dan lain-lain atau di tanya mengenai produk mana yang lebih bagus tapi murah dan lain-lain. Yah, sebagai mahasiswa/lulusan IT tentu harus bisa menjawab hal-hal seperti ini, padahal perlu di ketahui tidak semua anak IT tahu tentang seperti ini, mereka( orang awam) selalu menganggap kami selalu memiliki update terlengkap tentang harga-harga sebuah perangkat.

    #2. Teknisi
    Saya pernah ditanya sama om saya, " Ini kenapa ya DVD enggak bisa nyala, kamu bisa baikin kah, kamu kan anak IT ?". Orang-orang selalu menganggap kami serba bisa ketika berkaitan barang-barang elektronik, padahal saya pribadi bukan teknisi melainkan programmer. Sedih rasanya masih banyak yang menganggp kami ini teknisi segala perangkat elektronik dan parahnya mengapa harus bawa-bawa nama IT ?

    #3. Hacker
    Masih banyak yang menganggap bahwa kami adalah dukun internet yang dapat mengatasi segala masalah di internet seperti mengatasi akun facebook yang di hack orang. Saya programmer dan bukan hacker, pernah suatu ketika saya didatangi teman saya dari jurusan perawat meminta tolong untuk mengembalikan akun facebooknya yang sudah hack orang. Jujur saja saya bilang, saya bukan hacker jadi kurang paham hal-hal seperti itu, parahnya sudah minta tolong tapi malah bilang, " masa'k ( sebutan kok untuk orang kaltim) gak bisa, kamu kan anak IT?

    #4. Jago Desain
    Mahasiswa/lulusan IT selalu dianggap handal dalam soal desain baik itu editing gambar ataupun editing video. Ya, walau saya sendiri bisa saja ( tidak jago) namun tetap saja ada mahasiswa/lulusan IT yang tidak pandai hal ini karena memang bukan keahliannya. Mahasiswa/lulusan IT memiliki keahlian masing-masing seperti jaringan, security, programming, desain dan lain-lain. Bagaimana perasaanmu ketika diminta buat logo padahal kamu mendalami jaringan? Sedih bukan.

    #5. Jomblo
    Yang paling mainstream, adalah anak informatika selalu di anggap susah cari pasangan atau jomblo. Mengapa? mungkin karena anak IT identik dengan dunia malam, maksudnya adalah sering begadang karena tugas atau pekerjaan yang memang memerlukan waktu hingga malam sehingga mata menjadi sembab akibat kurangnya tidur, jangankan untuk mencari wanita, 1 baris sintax program saja sellau error atau anak IT cendrung tidak sosialita karena hanya didepan layar laptop/komputer dan lain-lain sehingga banyak yang menganggap anak IT adalah jurusannya para jomblo. Kami juga punya pacar lho, laptop kami hiks hiks. Ada benarnya tapi tidak semua benar, saya juga punya pasangan dan telah terjalin selama 2 tahun karena kami juga punya kehidupan tidak hanya di depan komputer dan laptop saja.

    Memang sebagai lulusan IT kami dituntut untuk mengerti teknologi yang sedang trend saat ini, dan dapat mengatasi masalah yang ada di sekitar kita atau di pekerjaan kita, namun yang perlu masyarakat tahu bahwa lulusan IT tidak serta merta mengetahui segalanya tentang IT karena kami ada bidangnya masing-masing agar terfokus dengan apa yang manjdi passion kami.

     (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan