IBX5828C990AE55E 7 Ikan Sangar dan Menyeramkan di Dunia - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Luluk Emje - Kamis, 10 Maret 2016
    Advertisement

    Yoechua Blog - Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh, baik ikan air asin maupun ikan air tawar. Namun tak semua ikan bisa kita makan, contohnya seperti ikan hiu. Nah ternyata ikan 'sangar' dan 'menyeramkan' tak hanya dimiliki oleh hiu saja.

    Berikut ini adalah 7 ikan tang ternyata tidak hanya menjadi predator untuk hewan air lainnya, tapi juga manusia. Mau tahu ikan sangar apa saja yang menyeramkan?

    1. Piranha

    Ikan yang satu ini memang terkenal ikan pemangsa yang ganas dan menakutkan, dan juga terkenal di film-film horor bahkan berjudul sama seperti nama ikan ini. Piranha adalah ikan predator yang rakus, rasa lapar cepat sekali dirasakannya, sehingga begitu melihat makanan apapun langsung disergap dengan cepat. Ikan ini juga tak segan melakukan kanibalisme pada jenisnya sendiri, jika tak menemukan makanan.

    Piranha memiliki gigi-gigi tajam yang tersusun rapat dan tersambung satu sama lain. Gigi tersebut mampu menusuk dan mencabik-cabik 

    daging dengan cepat dimana ikan ini juga terkenal agresif.  Dalam sebuah kasus buaya yang dikenal sebagai predator kalah dari keganasan piranha. Penelitian menyatakan perilaku piranha dapat membentuk sebuah kelompok besar sebagai pertahanannya terhadap predator seperti buaya sekaligus juga strategi piranha untuk memangsanya. Ikan ini banyak ditemukan di sungai amazon.

    2. Goliath Tigerfish

    Ikan dari spesies Tigerfish ini habitatnya adalah perairan sungai di Afrika. Ikan ini menjadi salah satu incaran liputan National Geographic Channel. Di Afrika, ikan goliath tigerfish ini dijuluki piranha raksasa si pemangsa buaya. Ya, bukan hanya nelayan yang biasa memancing ikan di sungai yang takut terhadap keganasan ikan ini, predator seperti buaya pun dapat menjadi sasaran makanan goliath tigerfish.

    Goliath tigerfish ini memang memiliki ukuran yang cukup besar bahkan bisa mencapai panjang lebih dari 1,8 meter. Sama halnya dengan tigerfish, goliath tigerfish ini juga memiliki 32 gigi besar yang runcing dan tajam, rahangnya pun besar dan keseluruhan mulut ikan ini sangat kuat untuk mengoyak mangsanya. Meski berukuran besar goliath tigerfish ini dapat berenang dengan cepat apalagi jika melihat mangsa.

    3. Payara 

    Satu lagi predator dari sungai Amazon, kerabat ikan piranha yang kali ini berukuran besar. Ukuran tubuhnya rata-rata bisa mencapai 1,17 meter dengan berat minimal 18 kg. Meski berkerabat dengan Piranha, ikan Payara memiliki anatomi gigi yang lebih berbahaya dari Piranha, pada bagian bawah mulutnya terdapat gigi taring yang panjangnya 4 sampai 6 inci. Ikan ini mampu menerkam dan melahap mangsanya meski ukuran tubuhnya sama dengannya. Ikan ini sangat ditakuti bukan hanya penghuni perairan Amazon, melainkan para nelayan dan penyelam. Ikan yang termasuk kelompok Vampire Fish ini, memang seperti vampir ya.

    4. Bagarius Yarelli

    Bagarius Yarelli adalah jenis ikan lele yang berukuran besar bahkan raksasa. Ikan ini memiliki nama lain Sand Shark, Giant Devil Catfish, dan Goonch yang memiliki habitat asli di Asia Selatan dan Asia Tenggara seperti di perairan sungai Pharaya di Thailand, Sungai Merah di Vietnam, sungai Gangga di India serta perairan sungai di Indonesia. Ikan Bagarius Yarelli umumnya tinggal di perairan sungai yang agak dingin dan ber-arus kencang dengan suhu 18 - 23 derajat celsius, dengan struktur dasar sungai berbatu-batuan serta pH airnya 7,2 - 7,6. Sebagai kerabat lele yang berukuran raksasa, ikan Bagarius Yarelli ini mempunyai gigi-gigi caling yang panjangnya 1 inci dan tubuhnya dapat mencapai panjang lebih dari 2 meter, sedangkan untuk jenis Bagarius lainnya terbagi lagi menjadi 4 yaitu ikan Bagarius bagarius dapat mencapai panjang 20 cm, ikan Bagarius suchus dapat mencapai panjang 70 cm, ikan Bagarius rutilus dapat mencapai panjang 1 meter, dan Bagarius gigas dapat mencapai panjang 1,15 meter.

    5. Snakehead Fish

    Ikan yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, sebagian India dan Afrika ini dapat mencapai panjang 3 kaki. Seperti namanya ikan berkepala seperti ular ini memang sangat berbahaya bin menyeramkan, ikan ini siap memangsa apa saja yang ada di depannya, entah itu ikan, katak, mamalia lain, bahkan burung yang kebetulan melintas agak rendah. Ikan Snakehead Fish ini memiliki mulut yang besar dan gigi-gigi yang tajam. Konon kabarnya ikan Snakehead Fish sudah ada sejak 50 juta tahun lalu dan ikan ini juga menjadi bukti adaptasi evolusioner. Snakehead Fish bernapas dengan paru-paru dan menghirup udara di atmosfir, sehingga ikan ini sanggup bertahan hidup di tanah basah selama musim yang panjang, kemudian merangkak ke kolam atau danau berikutnya untuk mencari mangsa dengan menggunakan tubuh dan siripnya.

    6. Sarcastic Fringehead

    Saat pertama kali melihat sosok ikan ini kita akan membayangkan ikan ini sebagai jelmaan aneh, seperti perpaduan antara Komodo dan Ular berbisa, apalagi jika ikan ini membuka mulutnya, akan terlihat seperti ular Kobra. Saat ikan ini menganga sangat lebar, terlihat sekali betapa tajamnya gigi yang dimilikinya. Sarcastic Fringehead ini juga bernama lain Neoclinus blanchardi dan memiliki panjang hingga 30 cm, meski tak seraksasa ikan-ikan sangar dan buas lainnya, namun ikan ini juga cukup ditakuti hewan-hewan predator di laut yang mencoba  mendekati sarangnya. Habitat ikan Sarcastic Fringehead ini adalah pantai Pasifik di utara Amerika, seperti di perairan laut California dan Meksiko.

    7. Hiu Goblin

    Yang namanya hiu pastilah sudah membuat serem, apalagi jenis hiu yang satu ini. Hiu Goblin memiliki tanduk di kepalanya yang terlihat seperti tombak. Menurut penelitian, tombak Hiu Goblin ini mampu mendeteksi aliran listrik yang dibuat oleh mangsanya, misalnya kepiting, cumi-cumi, dan udang kecil, seperti detektor metal ya. Hiu Goblin ini bisa tumbuh mencapai panjang sekitar 1,26 meter, mempunyai gigi-gigi runcing yang menonjol ke depan, kulit yang cukup lembut tak bersisik kasar seperti Hiu kebanyakan, tetapi insangnya berwarna biru, hiiii serem banget ya. Konon kabarnya Hiu Goblin ini tergolong Hiu prasejarah yang diperkirakan sudah ada sejak 125 juta tahun yang lalu.
    (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan