IBX5828C990AE55E 4 Fenomena Yang Dapat Anda Lihat saat Gerhana Matahari Total - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Jumat, 04 Maret 2016
    Advertisement

    Yoechua Blog - Pada tanggal 9 maret 2016 nanti adalah menjadi momen yang tak terlupakan oleh seluruh masyarakat dunia khususnya untuk sebagian besar daerah pasific seperti indonesia, malaysia, singapora dan negara lainnya yang ada di Asia Tenggara serta juga Australia karena akan dapat menyaksikan gerhana matahari parsial Bagiamana dengan anda,apakah anda termasuk salah satu yang sangat antusisas?

    Gerhana matahari total merupakan momen yang dianggap sebagai fenomena paling mengesankan dan tak terlupakan oleh penduduk bumi. Untuk bagian Timur di daerah pasifik, gerhana matahari akan terjai hanya dalam waktu 4 menit saja sendangkan untuk garis kuning akan menunjukan daerah dengan gerhana matahari parsial, jadi akan jangan mengecewakan jika anda terlewatkan momen seperti ini.

    Namun pernahkah anda bertanya, sebenarnya fenomena apa saja yang akan anda saksikan ketika anda melihat gerhana matahari kelak tanggal 9 maret 2016? Jika anda bertanya-tanya mengenai hal itu, yoechua blog akan memberikan garis besar fenomena apa saja yang mungkin dapat anda saksikan saat gerhana matahari sedang berlangsung. Berikut adalah 4 fenomena yang akan anda lihat :

    #1. Baily's Beads

    Seperti dikutip oleh alsonwongastro.com, fenomena yang akan anda saksikan yang pertama adalah Baily's Beads yaitu berupa gumpalan cahaya yang begitu mirip dengan manik-manik yang berada di tepi piringan bulan jika anda melihatnya dari permukaan bumi hanya sesaat sebelum dan juga sesudah fase total untuk gerhana matahari total. Mengapa hal ini terjadi? karena permukaan bulan yang tidak merata dan terjadi berkisar antara 10 menit hingga 15 detik.

    #2.Cincin Berlian
    Fenomena kedua, anda akan mendapati sebuah fenomena cahaya matahari yang berbentuk seperti cincin berlian yang cantik hanya sesaat ketika anda melihat penampakan Baily's Heads. Saat fase total, akan terlihat satu manik baily yang tersisa sehingga perbaduan antara lingkaran korona dari matahari akan terlihat seperti cincin berlian.

    #3.Pendar Kemerahan Saat Cincin Berlian Menghilang
    Sesaat sebelum cincin berlian menghilang, kromosfer matahari akan memperlihatakn fenomena pendar kemerahan hanya sesaat setelah efek dari cincin berlian menghilang.

    #4. Korona Matahari 
    Fenomena selanjutnya ketika piringan bulan yang telah berhasil sepenuhnya menutupi piringan matahari, anda akan melihat sisa-sisa cahaya dari lapisan korona matahari yang berada disisi luar piringan, ilmuan menyebut fenomena ini sebagai Korona Matahari.
     (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan