IBX5828C990AE55E Berkunjung Ke 5 Tempat Ini Bakal Enteng Jodoh? - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Luluk Emje - Rabu, 02 Maret 2016
    Advertisement

    Yoechua Blog - Jodoh adalah rahasia Illahi yang tak bisa kita tebak. Kita memang wajib berusaha mencari siapa yang akan menjadi jodoh kita kelak, namun tetap memasrahkan ketetapan Tuhan atas jodoh yang akan bersanding dengan kita. Mencari jodoh kata orang susah susah gampang, sebab kita ingin mendapatkan jodoh yang sesuai dengan kriteria yang kita idamkan.

    Di Indonesia terdapat tempat-tempat yang konon dari mitos yang beredar dapat mendatangkan jodoh. Dimana sajakah tempat tersebut?

    1. Pohon Cinta atau Pohon Jodoh (Kebun Raya Bogor)

    Kebun Raya Bogor merupakan salah satu lokasi tujuan wisata yang tentunya berada di Bogor. Di tempat seluas 87 hektar ini memiliki sekitar 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan di dalamnya yang menjadi daya pikat pengunjung datang ke sana. Ditambah lagi dengan cerita mitos yang beredar dan dipercaya sebagian masyarakat. Salah satu mitos tersebut adalah konon siapapun yang berkenalan atau duduk dibawah pohon cinta atau pohon jodoh bersama lawan jenis atau pasangannya akan memiliki hubungan yang langgeng hingga ke jenjang pernikahan. Sumber dari mitos ini adalah dua pohon besar yang hampir mirip padahal berbeda jenisnya berada berdampingan dan terlihat serasi yang berada tak jauh dari Jembatan Gantung Kebun Raya Bogor. Kedua pohon tersebut memiliki batang yang besar dan berumur sekitar 140 tahun serta dijadikan lambang cinta dari Bogor. Oleh pengelola Kebun Raya Bogor, diantara kedua pohon itu  dibuat kursi panjang sebagai tempat duduk pengunjung.

    Menurut seorang guide, pohon yang sebelah kiri yang berwarna gelap adalah pohon kenari, sedangkan pohon sebelah kanan adalah pohon beringin putih. Menurut cerita dari mulut ke mulut, kedua pohon itu seperti sepasang kekasih karena perbedaan jenis kulit dan karakter pohon tersebut, orang-orang menganggapnya sebagai sepasang pengantin. Dahulu menurut cerita ada pasangan yang dipertemukan di bawah pohon tersebut kemudian hubungan mereka awet hingga menikah. Mitos pohon jodoh ini juga sering dikaitkan dengan makam keramat Ratu Galuh, yaitu istri kedua Prabu Siliwangi yang mempunyai kekuatan untuk menarik jodoh. Hal ini karena letak  pohon tersebut tak jauh dari makam.

    2. Mata Air Gunung Putri (Bandung)

    Mata air yang terdapat di Gunung Putri yang terletak di Cilililin, Bandung Barat ini memiliki mitos cukup menarik di masyarakat. Kabarnya, siapa saja yang meminum air atau membasuh muka dengan air yang keluar dari mata air Guan Gunungn Putri dipercaya akan mudah mendapat jodoh. Selain mitos enteng jodoh, jika anda berkunjung ke Gunung Putria, anda akan disuguhi pemandangan alam yang masih hijau dan asri ditambah dengan sejuknya air terjun. Lokasi Gunung Putri ini dapat ditempuh sekitar 35 meter dari kota Bandung.

    3. Umbul Jumprit (Temanggung)

    Kawasan wisata Umbul Jumprit diresmikan pada tanggal 18 Januari 1987 oleh Pemkab Temanggung. Umbul Jumprit berjarak sekitar 26 km dari kota Temanggung arah barat laut dan berada di lereng Gunung Sindoro di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo yang memiliki ketinggian mencapai 2100 mdpl. Tak sulit untuk menuju lokasi ini, sebab Umbul Jumprit berada di jalur wisata Borobudur-Dieng, Semarang-Bandungan-Dieng, serta arah lain seperti Wonosobo, Kendal maupun Yogyakarta. Umbul Jumprit merupakan tempat yang disucikan umat Buddha di Indonesia. Biasanya saat berlangsung upacara Trisuci Waisak di Candi Borobudur, air keberkahan diambil dari Umbul Jumprit. Selain itu pada malam selasa kliwon atau malam jum'at kliwon banyak peziah Umbul datang untuk bermeditasi dan mandi kungkum. Mata air Jumprit yang berasal dari mata air Sungai Progo ini tidak pernah kering meskipun dilanda kemarau panjang. Mitos yang berkembang di masyarakat adalah air Umbul Jumprit dipercaya dapt membuat awet muda, enteng rezeki, dekat dengan jodoh, dan dapat membuang sial.

    4. Air Terjun Sekar Langit (Magelang)

    Air terjun yang diberi nama Sekar Langit dalam bahasa Jawa ini dapat diterjemahkan menjadi bunga yang turun dari langit. Ya, keindahan air terjun ini berasal dari tetesan mata air dari atas puncak Gunung Telomoyo, yaitu gunung yang berada di perbatasan antara kota Salatiga dan kota Magelang di Jawa Tengah, serta ketinggian air terjun ini mencapai sekitar 30 meter. Air terjun ini secara cerita turun temurun merupakan tempat Joko Tarub mengintip dan mencuri selendang bidadari yang sedang mandi. Aliran air terjun Sekar Langit ini mengalir ke arah barat menuju aliran sungai Elo dan bermuara di laut selatan Jawa. Kepercayaan warga sekitar dan banyak orang lainnya bahwa air terjun Sekar Langit memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit, baik penyakit gatal-gatal hingga penyakit kronis. Bagi  wanita, air terjun Sekar Langit dipercaya mampu menambah aura kecantikan, dengan cara mandi atau sekadar membasuh muka.

    Mitos tempat ini dipercaya dapat enteng jodoh lebiih diperuntukan bagi kaum pria, dengan cara melakukan meditasi pada malam selasa kliwon atau malam jum'at kliwon. Ritual yang dilakukan adalah duduk bermeditasi di sebuah batu berdiameter sekitar 5 meter yang terletak di selatan air terjun sambil menghadap ke arah timur laut dan membakar dupa atau menyan. Namun kebenaran mitos ini kembali kepada anda pribadi untuk mempercayainya atau tidak. Jika anda tak percaya pun tak ada salahnya sekedar berwisata ke air terjun ini bersama keluarga atau sahabat.

    5. Pemandian Wendit (Malang) 

    Pemandian Wendit merupakan areal kolam renang yang juga disebut mendit oleh masyarakat sekitar. Tak hanya kolam renang di lokasi wisata ini juga terdapat wahana permainan perahu dayung, kolam gelombang dan arus, waterboom, bom-bom car, worm coaster, carousel dan sepeda air, penyewaan sepeda trail dan atv. Juga fasilitas restoran apung, food center, saung, toko cindramata, pentas musik dan arena outbond. Pemandian Wendit ini terletak di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Malang, Jawa Timur dan berada dipinggir jalan raya arah ke Gunung Bromo sekitar 8 km dari alun-alun kota Malang.

    Air pemandian Wendit ini berasal dari sumber air alami bernama Sendang Widodaren yang sangat jernih dan bersih lagi menyegarkan. Mitos yang sudah lama dipercaya masyarakat adalah jika siapa saja mandi di pemandian Wendit akan panjang umur, murah rejeki, awet muda dan juga enteng jodoh. Terlepas dari benar atau tidaknya mitos ini kembali kepada kepercayaan anda ya. 
    (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan