IBX5828C990AE55E Bawang Dayak Yang Mampu Sembuhkan Banyak Penyakit - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Selasa, 10 Mei 2016
    Advertisement

    Yoechua Blog - Selain tanaman bawang merah, bawang putih dan bawang bombai ternyata ada juga tanaman yang bernama bawang dayak. Bawang dayak merupakan jenis tanaman khas Kalimantan Tengah dimana Kalimantan Tengah merupakan tempat suku dayak tinggal. Bawang dayak banyak memiliki nama lokal yaitu bawang sabrang, bawang lubak, teki sebrang, bawang hantu, bawang berlian atau bawang tiwai.

    Bawang tiwai atau bawang dayak biasa digunakan sebagai obat oleh masyarakat suku dayak. Suku dayak mempercayai bahwa bawang dayak dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti : Migran, Maag, Kolesterol, Kista, Keputihan, Kanker Usus, Kanker Rahim, Kanker Payudara, Kanker Paru-Paru, Ambeien, Asma, Bisul, Amandel, Kanker Kelenjar Getah Bening, Insomnia, Menyehatkan Otot Jantung, sebagai obat sakit perut dan dapat menurunkan kadar asam urat serta dapat mengatasi diabetes melitus.

    Bawang dayak mempunyai bentuk yang spesifik yaitu umbi tanaman yang berwarna merah dengan permukaan yang licin. Selain untuk obat, bawang dayak bisa juga digunakan sebagai tanaman hias dikarenakan bunganya yang sangat indah. Untuk penanamannya pun tidak sulit karena bawang dayak dapat tumbuh diberbagai jenis tanah dan iklim. Bawang dayak ternyata juga dapat tumbuh sangat cepat sehingga memudahkan untuk memperbanyak dan dikembangkan untuk industri.

    Khasiat bawang dayak terdapat pada senyawa yang terkandung didalamnya yaitu senyawa ftokimia seperti tannin, flavonoid, steroid glikosida, fenolik dan alkaloid. Senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin dapat menjadi penurun kadar glukosa darah sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi diabetes mellitus. Alkaloid juga dapat digunakan sebagai anti mikroba dan senyawa  tannin bisa digunakan untuk mengobati sakit perut.

    Untuk dapat mengkonsumsi bawang dayak, bisa dibuat dalam bentuk manisan, simplisia, dimakan segar atau dalam bentuk powder (bubuk), bisa juga diminum air rebusan bawang dayak yang masih segar. Selama meminum air rebusan bawang dayak janganlah mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemak, soda/karbonasi, alcohol, vetsin/penyedap makanan, makanan-makanan yang mengandung fermentasi seperti tape dan tempe.

    Bagi anda yang suka dengan pengobatan tradisional tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan dengan bawang dayak ini loh. Karena khasiatnya yang dipercaya ampuh untuk meredakan berbagai penyakit tidak ada salahnya untuk mencobanya.

     (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan