IBX5828C990AE55E Bencana Alam Indonesia Paling Dahsyat Selain Tsunami Aceh - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Selasa, 03 Mei 2016
    Advertisement

    Yoechua Blog - Bencana alam merupakan suatu peristiwa alam yang memberikan dampak besar bagi populasi manusia serta mengakibatkan duka yang berpekapnjangan seperti letusan gunung berapi, banji, tanah longsor, gelompang panas, kekeringan dan lain-lain dan khusus di Indonesia, tsunami aceh merupakan bencana alam terbesar yang pernah terjadi di indonesia di abad 20.

    Perlu diketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan di dunia yang berada di kawasan cincin api atau biasa dikenal sebagai Ring of Fire sehingga menyebabkan menjadi negara yang rawan untuk terjadi bencana alam. Bencana alam yang paling sering di jumpai di Indonesia atau dapat dikatakan sebagai bencana alam langganan adalah banjir, gempa bumi dan letusan gunung berapi.
    Bencana Alam Indonesia Paling Dahsyat Selain Tsunami Aceh
    Add caption

    Berikut adalah beberapa bencana alam di Indonesia selain tsunami Aceh yang telah menewaskan ribuan orang yang mungkin anda belum mengetahui bahwa ini pernah terjadi di Indonesia di masa lampau dan 1 diantaranya sebagai bencana yang lebih besar dibandingkan bencana tsunami aceh:

    #1. Gunung Tambora  - 92.000 jiwa
    Gunung Tambora merupakan gunung merapi aktif yang berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini pernah menjadi gunung dengan puncak tertinggi di Indonesia sebelum meletus pada bulan April 1815. Letusan gunung Tambora ini berskala letusan hingga mencapai angka 7 yaitu sebuah ukuran dengan deskripsi super kososal menurut VEI ( Volcanic Explosivity). AKibat letusan gunung ini, telah menewaskan korban jiwa mencapai 92 ribu orang dan menjadi bencana alam indonesia yang begitu kelam dimasa lalu.

    #2. Tsunami Gunung Krakatau - 36.000 jiwa
    Gunung Krakatau berada di andrara Selat Sunda antara pulau sumatra dan pulau jawa. Pada tahun 1883 pada 26- 27 agustus, terjadi sebuah bencana alam yang dahsyat dimana gunung krakatau meletus sehingga menimbulkan awan panas dan juga tsunami yang menewaskan hingga mencapai 36 ribu korban jiwa. Pada kala itu, tsunami yang terjadi adalah tsunami paling dahsyat yang pernah terjadi di samudra hindia ( sebelum tsunami aceh).

    #3. Gunung Kelud - 5160 Jiwa
    Gunung kelud meletus yang terjadi pada tahun 1919 merupakan bencana alam yang menewaskan sekitar 5160 orang dimana letusan ini terjadi pada tengah malam yaitu di antara 19 mei 1919 dan 20 mei 1919. Akibat letusan itu, terjadi hujan abu yang menyebar ke arah timur.

    #4. Tsunami Ende - 2000 Jiwa
    Pada 29 desember 1992 terjadi sebuah gempa bumi dengan daya kekuatannya mencapai 7.8 skala ritcher di pulau flores. Setelah terjadi gempa utama, terjadi lagi gempa susulan sebanyak 1000 gempa yang berhasil direkam oleh Jepang selama 30 desember hingga 5 januari bahkan pantai tanjung batumanak terlihat terangkat akibatnya secara total gempa yang menghasilkan tsunami tersebut menewaskan hampir mencapai 2000 korban jiwa dan sekitar 18 ribu rumah rusak.

    #5. Gunung Toba - ~
    Letusan gunung toba merupakan bencana alam terbesar yang pernah terjadi di dunia. Menurut ilmuan,  gunung toba meletus sekitar 73 ribu tahun yang lalu dan hampir memusnakan umat manusia, bahkan akibat letusannya, matahari sempat dikabarkan tertutup selama 6 tahun lamanya. Tidak hanya itu, letusan ini disertai fengan gelombang tsunami, sebanyak 2.800 km kubik abu dikeluarkan dari letusan gunung api tersebut. Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.

    Itulah bencana alam indonesia paling dahsyat yang pernah terjadi di Indonesia selain aceh, bagaiamana menurut kalian?
     (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan