IBX5828C990AE55E 5 Pemakanan Terbesar Di Indonesia, Termasuk Suku Kalian? - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Kamis, 07 September 2017
    Advertisement

    Yoechua Blog - Pemakaman adalah salah satu bentuk kewajiban bagi kita orang beragama untuk menguburkan seseorang untuk memberikan tempat pengistirahatan terakhir bagi seseorang yang telah meninggal. Walau pemakanan identik dengan suasana duka, namun terdapat sebuah pemakanan di Indonesia yang dapat di katakan adalah mewah dan terbesar. 

    Mewah disini bukanlah berarti dengan sesuatu yang mahal namun pemakanan ini didatangi oleh ribuan orang bahkan sampai berhari-hari untuk memberikan penghormatan terakhir bagi orang meninggal tersebut.

    Menurut data yang yoechua.com himpun, setidaknya ada 5 pemakaman di Indonesia yang dapat di kategorikan sebagai pemakanan terbesar yang pernah terjadi di Indonesia. Mari Kita bahas satu persatu pada artikel ini.

    #1. Ijambe ( Dayak)
    Ijambe adalah salah satu upacara kematian suku dayak Maanyan di kalimantan Tengah. Walaupun pemakaman ini mungkin masih baru bagi kalian, namun percaya atau tidak pemakanan ini selalu dihadiri lebih dari 1000 orang, walau tampak sederhana namun upacara adat ini adalah upcara mewah dan mahal. Ijambe ( Dibaca : Ijamme) adalah upacara kematian yang berinti pada pembakaran tulang. Pelaksanaannya pun 10 hari sepuluh malam sehingga membutuhkan biaya yang besar dengan hewan kurban berupa kerbau, babi dan ayam. Namun biaya tidak serta merta dari keluarga yang meninggal saja, banyak orang yang menyumbang bahkan pemerintahpun ikut andil dalam upacara ini. 

    Ijamme 2017 yang dilakukan pada bulan juli lalupun, dimana saya yang juga hadir dalam acara itu dikejutkan dengan kehadiran banyak sekali turis yang ingin tahu acara ijamme, pemakaman terbesar di pulau kalimantan.

    #2. Ngaben ( Bali)

    Ngaben adalah ritual kematian yang ada di pulau bali. Saya yakin kalian sering mendengar tentang ngaben, ngaben adalah ritual kematian yang mirip dengan ijamme namun ritual yang di lakukan yang berbeda. Ngaben dilakukan dengan cara membakar jenazah didalam pantung yang biasanya berbentuk seperti lembu. Mereka meyakini bahwa dengan membakar tubuh orang yang telah meninggal maka, jiwa orang tersebut akan terbebaskan dan akan menuju ke kehidupan yang baru setelah mengalami kematian. Acara ini memerlukan biaya yang tidak sedikit sama halnya dengan ijamme, bisa dikatakan bahwa Ngaben dan Ijamme adalah 2 ritual terbesar di Indonesia dengan biaya yang mahal.


    #3. Saur Matua ( Batak)
    Upacara kematian terbesar hadir juga di pulau sumatra yaitu suku batak. Saur Matua adalah upcara kematian yang dilakukan oleh orang yang meninggal pada usia sangat tua. Ketika upcara kematian selalu identik dengan kesedihan maka berbeda dengan upacara ini dimana melambangkan suka cita karena ini dilakukan karena orang yang meninggal tersebut di usia yang sudah tua dimana telah hidup cukup lama di dunia ini itu mengartikan bahwa orang tersebut telah berhasil mendidik anak-anaknya dan hanya menunggu sisa-sisa waktu kematiannya dengan penuh suka cita.

    #4. Rambu Solo ( Toraja)
    Tidak diragukan lagi bahwa Rambu Solo merupakan salah satu dari upcara pemakaman terbesar di Indonesia. Rambu Solo adalah upacara adat suku toraja yang bertujuan untuk menghantarkan arwah orang yang telah meninggal dunia untuk dapat kembali bersama dengan para leluhur mereka di tempat peristirahatan mereka yang terakhir. Tentu saja upacara ini tidaklah dengan biaya yang sedikit. Bahkan menurut informasi yang penulis dapat, acara ini bisa memakan biaya hingga 3 Miliar, benarkah? Rambu Solo sering disebut sebagai upacara penyempurnaan kematian dimana mereka yang telah meningga akan di anggap benar-benar meninggal ketika semua prosesi kematiannya telah di genapi melalui upacara ini.

    #5. Brobosan (Jawa)
    Yang terakhir adalah Brobosan yang berasal dari Pulau Jawa. Ritual ini sudah ada sejak jaman dahulu bahkan semenjak jaman kerajaan. ritual ini dilkukan dimana dengan cara berjalan di bawah keranda orang yang meninggal yang sedang di angkat yang dilakukan oleh kerabat orang yang meninggal tersebut. Ritual ini dilakukan berdasarkan pepatah lama yaitu " Mikul Dhuwur Mendhem Jero " yang artinya adalah menjunjung tinggai dan juga mengenang jasa-jasanya.

    Nah itulah 5 pemakaman terbesar di indonesia, apakah suku kalian terdapat di dalamnya? penulis sendiri sebagai orang dayak, tentu upacara ijambe adalah ucapara adat yang terbesar di pulau kalimantan. semoga artikel ini bermanfaat untuk pengetahuan kita , silahkan share artikel ini agar banyak yang lebih tahu dengan informasi ini.
     (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan