IBX5828C990AE55E 6 Tempat Wisata Favorit di Belitung - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Sabtu, 06 Januari 2018
    Advertisement

    Yoechua Blog - Sebelumnya, tidak banyak yang mengetahui jika Kota Belitung merupakan salah satu tempat wisata yang menarik di Indonesia. Hal itu dikarenakan dulunya tidak banyak orang tahu keindahan sesungguhnya dari Belitung.

    Namun sejak munculnya film Laskar Pelangi di tahun 2008 lalu, keindahan Kota Belitung yang sesungguhnya pun mulai dikenal secara luas. Tidak heran jadinya kalau Kota Belitung kini menjadi salah satu tempat liburan favorit, bagi para pengunjung yang ingin mengetahui keindahan dari alam Belitung. 

    Jika ada di antara kalian yang belum pernah ke Belitung dan menjadikan kota ini sebagai tempat liburan Anda selanjutnya, maka ada beberapa tempat wisata di Belitung yang wajib dikunjungi. Cek tiket pesawat ke Belitung untuk mendapatkan harga terbaik saat libur tahun baru nanti.


    Apa sajakah itu? Berikut ini adalah ulasannya:

    #1. Pantai Tanjung Tinggi
    Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai terkenal di Kota Belitung. Pantai ini juga yang digunakan sebagai salah satu lokasi syuting dari film Laskar Pelangi. Pantai ini terletak di Belitung sebelah utara atau tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih, air laut yang jernih, dan ada beberapa batu granit yang sangat besar yang menjadi ciri khas dari pantai ini.

    Ombak di Pantai Tanjung Tinggi cenderung tenang, jadi para pengunjung dapat berenang tanpa harus takut terbawa ombak. Di pinggir pantai, terdapat warung-warung yang menjual aneka makanan seafood untuk memuaskan rasa lapar Anda setelah puas bermain air laut.

    #2. Pantai Tanjung Kelayang
    Pantai Tanjung Kelayang ini letaknya juga berada sebelah utara Belitung. Pantai Tanjung Kelayang adalah pantai kedua yang terkenal di Belitung, setelah Pantai Tanjung Tinggi. Yang khas dari pantai ini adalah Batu Kelayang yang merupakan maskot dari Sail Wakatobi. Bentuk batuan ini juga sekilas tampak seperti burung yang sedang berendam, sehingga tidak sedikit yang menyebutnya sebagai  Pantai Burung Mandi.

    Pantai Tanjung Kelayang terdiri dari dua bagian, yaitu sebelah barat dengan batu granit dan sebelah timur berupa hamparan pasir putih nan cantik. Para wisatawan dapat berenang, menyelam, berjemur, memancing, dan lain-lainnya pantai ini.

    #3. Pulau Pasir
    Untuk pulau yang satu ini, pengunjung yang menginginkan aktivitas pantai mungkin tidak akan terlalu puas. Sebab Pulau Pasir hanyalah sebuah tumpukan daratan yang hanya terdiri dari pasir. Ketika air laut surut, tumpukan pasir ini akan terbentuk seperti pulau.

    Sedangkan saat air laut pasang, daratan ini seluruhnya akan tenggelam di bawah air laut. Pulau ini juga tidak terlalu luas. Meski demikian, di pulau ini para wisatawan dapat menyaksikan keindahan panorama berupa berrbagai macam pulau yang dapat dilihat dari Pulau Pasir ini.

    #4. Pulau Lengkuas
    Pulau Lengkuas boleh dikatakan sebagai tempat wisata ketiga yang terkenal di Belitung. Pulau ini terletak i sebelah utara Pulau Belitung. Para wisatawan hanya perlu menempuh jarak kurang lebih sekitar setengah jam atau 30 menit untuk mendatangi pulau ini.

    Hal yang menarik dari Pulau Lengkuas ini adalah adanya mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau. Mercusuar ini sudah berdiri sejak tahun 1882. Dari atas mercusuar ini, Anda bisa menikmati pemandangan keindahan pantai-pantai di Belitung dari ketinggian.

    Namun saat ingin naik ke atas mercusuar ini, para pengunjung harus berhati-hati karena tangga yang ada di dalamnya tidak terlalu besar.

    #5. Danau Kaolin
    Danau Kaolin ini sebenarnya bukan termasuk tempat wisata umum. Kendati demikian banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke tempat ini, terlebih mereka yang berprofesi sebagai fotografer, untuk mengekploitasi potensi fotografi di sini.

    Tidak heran juga jika ada beberapa agen wisata yang menyediakan jasa paket wisata ke tempat wisata di Belitung ini.

    Danau Kaolin merupakan salah satu kekayaan tambang di Belitung. Keindahan tempat ini merupakan perpaduan antara air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih. Pemandangan di sini hampir serupa dengan pemandangan Kawah Putih di Bandung.

    Menariknya, banyak yang menyangka jika Danau Kaolin ini, jika dilihat dari foto, seperti berada di daerah kutub. Hal ini lantaran bentuk datarannya yang seperti salju, lengkap dengan airnya yang sangat berwarna biru seperti di kutub. Terlebih bagi mereka yang belum mengetahui dan belum pernah pergi ke Danau Kaolin ini.

    #6. Museum Kata
    Museum Kata Andrea Hirata adalah museum literatur pertama di Indonesia. Di sini, Anda bisa menyaksikan koleksi tentang film Laskar Pelangi. Anda bisa menemukan berbagai karya Andrea Hirata di museum ini.

    Sekedar informasi, Andrea Hirata adalah seorang novelis yang telah merevolusi sastra Indonesia. Dia juga merupakan warga asli Bangka Belitung dan novel pertamanya adalah Laskar Pelangi yang juga dirilis dalam bentuk film. Sampai saat ini rilm Laskar Pelangi masih masuk dalam kategori film terbaik di Indonesia,

    Ada sebuah cerpen khusus yang dibuat oleh Andrea Hirata yang tidak diterbitkan untuk umum, sehingga untuk membacanya, para pengunjung hanya bisa ke museum ini. Museum Kata ini dibangun Andrea Hirata dengan tujuan untuk menginspirasi anak-anak dan remaja di desa Gantong, agar memgembangkan bakat seni mereka.

    Menyaksikan kesuksesan Andrea Hirata mengenalkan Belitung lewat karya novel hingga difilmkan memang akan menjadi inspirasi yang menarik. Tidak perlu khawatir soal akomodasi, ada promo hotel murah di Reservasi.com yang memberikan diskon besar dan berbeda setiap harinya.

     (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan