IBX5828C990AE55E Sistem Dana Bank Syariah Saat Disalurkan - Yoechua Blog
  • About Us
  • Advertise
  • Career
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Sitemap
  • Yosua Jimmy Agustio - Minggu, 30 September 2018
    Advertisement

    Yoechua Blog -Tahukah kamu bagaimana sistem penyaluran dana syariah? Bagi kamu peminat masalah perbankan atau ekonomi syariah tentu hal ini menarik diperbincangkan. Sebab inilah yang menjadi salah satu perbedaan dalam sistem bank konvensional dan syariah. Bukan saja sistem penyalurannya saja sebetulnya, tapi jika kita telisik dari awal, perbedaan itu mulai dari landasannya hingga sampai ke basis operasional hingga kemudian melahirkan produk berbasis syariah seperti misalnya tabungan umroh syariah Bukopin.

    Nah, biar lebih jelas, mari kita mulai penjelasannya dari awal. Secara landasan hukum, pada bank syariah menggunakan Al Quran, Sunnah dan hukum positif sebagai landasan hukumnya. Sementara pada bank konvensional hanya menggunakan hukum positif saja. 


    Lalu perbedaan mendasar juga bisa diketahui dari basis operasionalnya. Pada bank syariah menggunakan bagi hasil, sementara pada bank konvensional menggunakan bunga. 

    Lalu yang penting juga diketahui adalah pada produk bank syariah itu amat penting seperti apa akad pada awalnya. Sesuai aturan syariah, ada beberapa akad yang digunakan seperti mudharabah, wadiah, murabahah, musyarakah, dan lainnya. Sementara bank konvensional tidak menggunakan hal itu. Yang ditekankan hanya penggunaan bunga saja. 

    Lalu penyaluran dana syariah ini juga wajib disalurkan pada hal-hal yang halal. Sementara pada bank konvensional tidak memperhatikan hal itu. Nah, dari sini bagi umat Islam sudah bisa mengetahui langsung perbedaan antara bank konvensional dan bank syariah. Ada perbedaaan yang mendasar mengenai bagaimana dana dihimpun untuk kemudian disalurkan kembali ke hal-hal yang halal. 
    Tentu bagi umat Islam hal ini penting. Sebab ketika menyimpan atau menabung di bank, kita pun tidak lepas tangan begitu saja. Tapi juga perlu memastikan bahwa dana yang kita simpan disalurkan ke hal-hal yang sesuai tuntunan agama.  

    Bagi umat Islam tentu sudah mengetahui bahwa bukan sekadar soal hasil, tapi yang penting juga adalah prosesnya. Dengan demikian, ketika kita memutuskan misalnya untuk membuka tabungan umroh syariah Bukopin, kita sadar sepenuhnya akan proses dana disimpan itu diproses sesuai ketentuan dan tunutunan syariah. Walhasil dengan begitu, kita pun akan merasa lebih tenang karena dana yang kita miliki ini disalurkan ke tempat yang tepat.

     (yoechua.com)

    Advertisement

    Bagikan Ya !!!

    Sebelumnya
    Posting Lama
    Selanjutnya
    Posting Lebih Baru
    Komentar (0)
    Komentar

    Tidak ada komentar:

    Jangan Lewatkan